Kelanjutan PPKM di Kota Pekanbaru Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat

Selasa, 23 November 2021 | 09:02:08 WIB
Kelanjutan PPKM di Kota Pekanbaru Tunggu Instruksi Pemerintah Pusati Foto:

GENTAONLINE.COM - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 di Kota Pekanbaru berakhir, Senin (22/11/2021). Namun, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum bisa menentukan status PPKM selanjutnya.

Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal mengatakan, tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru bakal membahas kelanjutan PPKM. Saat ini satgas masih menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pelaksanaan lanjutan PPKM.

"Kelanjutannya kita menanti arahan sesuai Instruksi Mendagri," kata Syoffaizal, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, pada rapat tim satgas tidak hanya membahas instruksi dari Mendagri. Tim juga mengevaluasi pelaksanaan PPKM level 2 yang berlangsung selama dua pekan ini. "Jadi evaluasi pelaksanaan PPKM juga kita bahas bersama," jelasnya.

Ia menyebut, rencananya rapat evaluasi bakal dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Rapat ini juga melibatkan unsur forkopimda.

"Kita bakal membahas Instruksi Mendagri, untuk pelaksanaan PPKM selanjutnya," jelasnya.

Namun perkiraan sementara Kota Pekanbaru tetap berada di PPKM level 2. Sebab, salah satu indikator belum terpenuhi untuk bisa turun ke PPKM level 1. Indikator ini adalah capaian vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia).

Capaian vaksinasi lansia di Kota Pekanbaru belum mencapai target 60 persen untuk bisa berada di PPKM level 1. Capaian vaksinasi lansia baru berkisar 50 persen dari total penerima vaksin sebanyak 70 ribu lansia.(ckc)

Tulis Komentar