Tak Hanya Masyarakat, Akhir Tahun Nanti Sapi di Riau Punya Kartu Identitas

Rabu, 22 September 2021 | 07:43:51 WIB
Tak Hanya Masyarakat, Akhir Tahun Nanti Sapi di Riau Punya Kartu Identitasi Foto:

GENTAONLINE.COM-Guna memaksimalkan pendataan dan bantuan jaminan kesehatan bagi hewan ternak, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dispkh) meluncurkan kartu identitas khusus ternak sapi. Rencananya, kartu ternak tersebut akan launching secara resmi di akhir tahun 2021 nanti.

"Ada 3 jenis yaitu kartu ternak kelahiran sapi bagi anak sapi yang baru lahir, kartu ternak aseptor untuk sapi indukan dan kartu ternak non aseptor untuk sapi non induk" terang Kepala Dispkh Provinsi Riau Drh. Rahmat Setiyawan, Selasa (21/9) saat berbincang di ruang kerjanya.

Disampaikan Rahmat, nantinya pemegang kartu ternak berhak mendapatkan bantuan pengobatan dan layanan kesehatan gratis bagi ternak sapinya. "Seperti kawin suntik, vaksinasi, pengobatan masal, layaknya masyarakat punya KTP dapat bantuan, begitulah kira-kira kita buat" ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi dan melayani peternak sapi baik kelompok maupun individu untuk memiliki kartu ternak tersebut.

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dan memiliki kartu ternak ini, bisa datang atau menghubungi Dinas Peternakan di daerah Kab/Kota masing-masing" tutup mantan Kabid peternakan dan kesehatan hewan Disnakbun Pelalawan itu. (Genta)

Tulis Komentar