DPD APDESI Riau Rakor Bersama PMD Riau Bahas Bankeu Tahun 2022

Senin, 06 September 2021 | 16:57:42 WIB
DPD APDESI Riau Rakor Bersama PMD Riau Bahas Bankeu Tahun 2022i Foto: Rakor APDESI Riau 2021

Pekabaran--DPD Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Apdesi) gelar rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau. 

Rakor penyusunan alokasi bantuan keuangan (Bankeu) di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2022. Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua APDESI Riau H Sutejo, Ketua Harian APDESI Herman Yahya Domo, Firdaus Tanjung DKK selanjutnya dari pihak PMD diwakili oleh Tim asistensi PMD Riau Saiman Pakpahan, MSi.

"Kita kembali mengusulkan Bankeu desa di APBD Riau 2022, maka perlu dilakukan pembahasan bersama PMD," kata Ketua APDESI Riau, H Sutedjo, Senin (06/09/2021).

Menurut Sutejo pihak APDESI mengusulkan besaran Bankeu desa tahun 2022 sebesar Rp200 juta per desa.

"Terdiri dari untuk bantuan BUMDES sebesar Rp 100juta dan ditambah Rp 100 juta untuk bantuan operasional Desa" katanya. 

Jika dikalikan 1.592 desa di Riau, maka total anggaran yang disiapkan lebihh kurang Rp 318.4 miliar.

"Bankeu Pemprov Riau Rp200 juta per desa itu besarannya standar kebutuhan riil saja " ujar pria yang juga kepala desa asal Rohil ini. 

Pihaknya berharap Bankeu desa tersebut dapat direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi Riau. 

"Kita ucapkan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau yang dalam hal ini merupakan mitra APDESI dalam mewujudkan Desa sejahtera di Bumi Lancang Kuning" tambah Tejo. 

Di tempat terpisah Tim asistensi PMD Riau Saiman Pakpahan,MSi akan membawa hasil rakor ini ke pihak PMD untuk dijadikan usulan pada APBD 2022.

"Kami merasa terbantu dengan adanya APDESI yang selalu bersama PMD dalam menyusun usulan bankeu Desa setiap tahunnya" Kata Saiman. 

Rakor APDESI Riau juga membahas persiapan keberangkatan ke acara munas DPP APDESI di jakarta yang diperkirakan dilaksanakan pada 17 September 2021 mendatang. (Rls) 

Tulis Komentar