70 Titik Api Terpantau di Riau

Jumat, 23 Juli 2021 | 14:10:28 WIB
70 Titik Api Terpantau di Riaui Foto: ilustrasi internet

PEKANBARU,Gentaonline.com - Sebanyak 198 titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera, Jumat (23/7/2021) pagi. Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ratusan titik panas itu tersebar di delapan provinsi, dengan jumlah terbanyak terpantau di Riau. 

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna mengatakan, ada 70 titik panas yang terpantau di Riau. 

Sementara titik panas lainnya berada di Sumatera Utara 14 titik, Sumatera Barat 41 titik, Jambi 8 titik, Bangka Belitung 32 titik, Bengkulu 8 titik, Sumatera Selatan 17 titik serta Lampung 8 titik. 

"70 titik panas yang terpantau di Riau, tersebar di sembilan wilayah kabupaten. Dengan jumlah terbanyak terpantau di Kabupaten Rokan Hilir," ujarnya. 

Ada pun rinciannya adalah, 43 titik di Kabupaten Rokan Hilir, 10 titik di Bengkalis, 4 titik di Rokan Hulu dan Indragiri Hulu, 3 titik di Kampar, 2 titik di Kepulauan Meranti dan Pelalawan serta 1 titik terpantau di Siak dan Indragiri Hilir. 

Yasir menyebutkan, dari pantauan BMKG melalui citra satelit, 2 titik panas yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hulu berada pada tingkat kepercayaan (level confidence) tinggi dan sudah dipastikan sebagai titik api. (hrc)

Tulis Komentar