4 Unit Ambulance Terparkir Rapi di Rumah Pribadi, Dirut RSUD Rohul Berkilah

Rabu, 21 Juli 2021 | 12:47:36 WIB
4 Unit Ambulance Terparkir Rapi di Rumah Pribadi, Dirut RSUD Rohul Berkilahi Foto:

 

GENTAONLINE.COM-Ambulance merupakan salah satu fasilitas kesehatan sarana penunjang pelayanan bagi setiap Rumah Sakit (RS). Dalam penggunaannya, ambulance diperuntukkan bagi pasien guna mendapat layanan prima dari sebuah RS. Untuk mencapai hal tersebut, idealnya ambulance terparkir di pekakarangan RS.

Berbeda dengan RSUD Rokan Hulu, beberapa unit ambulance atas nama RSUD Rokan Hulu tampak bebas parkir di halaman rumah yang diduga rumah supirnya masing-masing. Hal itu terungkap saat wartawan gentaonline.com dan tim melihat 2 unit ambulance RSUD Rokan Hulu terparkir rapi di halaman rumah yang berbeda, masing-masing dengan nomor polisi BM 7014 M dan BM 7125 M.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga Pasir Pengaraian yang enggan disebut namanya. "Tiap hari kok ambulance itu parkir di rumahnya (supir ambulance-red). Sesekali kadang pakai (ambulance) itu juga sama familinya" ungkapnya, Rabu (21/7) di desa Rambah Tengah Utara.

"Apa boleh begitu pak ? Fasilitas negara loh kok rasa rasa mobil pribadi ya" imbuhnya menyindir.

Atas peristiwa itu, wartawan dan tim melakukan penelusuran lebih lanjut. Hasilnya, total ada 4 unit ambulance RSUD Rokan Hulu terparkir di halaman rumah yang diduga rumah masing-masing supir. 2 unit mobil ambulance lainnya, masing-masing dengan nopol BM 7126 M dan BM 7112 M. Salah seorang tim mencoba meminta keterangan pemilik rumah, namun tak satupun pemilik rumah berhasil dijumpai.

Koordinator / Penanggung jawab ambulance RSUD Rokan Hulu Dewi, saat dikonfirmasi enggan memberi keterangan dan terkesan membuang badan. "Ambulance parkir di rumah pribadi ya pak ? untuk lebih jelasnya, langsung aja konfirmasi ke kantor ya pak, (Management) Rumah Sakit. Saya hanya penanggung jawab jadwal ambulance nya pak" ujarnya, Rabu (21/7) melalui sambungan telepon.

Terpisah, Direktur Utama RSUD Rokan Hulu dr. Novil Raykel tak menampik soal itu. Dikatakannya, ambulance parkir di rumah saat pulang tengah malam dan dinas siang. "Saat shift jaga, ambulance stay di RSUD" jawabnya, Rabu (21/7).

Ia menambahkan, saat ini jumlah ambulance RSUD Rokan Hulu sebanyak 6 unit.

"Saat ini banyak ngantar pasien dan jenazah Covid-19" tutup dr. Novil.

Pantauan tim di lapangan, pada hari Rabu (21/7) hingga pukul 10.00 WIB, tampak 4 unit mobil ambulance RSUD Rokan Hulu terparkir rapi di 4 halaman rumah berbeda. Dan 2 unit ambulance terparkir di parkiran RSUD Rokan Hulu. Hal itu berbanding terbalik dengan keterangan Dirut RSUD Rokan Hulu dr. Novil Raykel. (Redaksi/Tim)

Tulis Komentar