Apdesi Riau Ingatkan Jangan Main-main Mengelola Dana Desa

Kamis, 15 Juli 2021 | 10:54:39 WIB
Apdesi Riau Ingatkan Jangan Main-main Mengelola Dana Desai Foto: Ketua Harian Apdesi Provinsi Riau Herman Yahya Domo, S.Ag (kiri)

 

GENTAONLINE.COM-Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) provinsi Riau memberikan apresiasi atas perjuangan para kepala desa dalam memajukan desanya masing-masing. Namun, dilain sisi perlu juga diingat agar seluruh kepala desa di Riau bisa memaksimalkan pemanfaatan dana desa.

Demikian disampaikan Ketua Harian Apdesi Provinsi Riau Herman Yahya Domo, S.Ag saat berbincang dengan gentaonline.com, Rabu (14/7) di Pekanbaru.

Baginya, peran kepala desa sangat vital karena merupakan ujung tombak pemerintah di tingkat bawah. "Kunci sukses program pemerintah salah satunya berada di tangan para kepala desa" ujar Herman Moyan, sapaan akrabnya.

Banyak peluang yang bisa dikerjakan untuk memajukan desa dengan adanya dana desa. Termasuk pemberdayaan oleh Bumdes. "Dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat kepada daerah ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentunya untuk mensejahterakan masyarakat desa" jelas Herman

Namun, Herman juga mengingatkan para kepala desa untuk mengelola dana desa dengan baik sehingga terhindar dari proses hukum. "Saya cuma wanti-wanti saja, dana desa ini jumlahnya besar. Pengelolaannya harus transparan dan tepat. Jangan pernah main-main dalam pemakaiannya. Harus benar-benar bermanfaat bagi kepentingan rakyat," jelasnya.

Terakhir, ia mengatakan jika ada permasalahan di desa, jangan segan-segan untuk berbagi dan konsultasi.

"Kami sebagai wadah pembinaan dan pemberdayaan bagi perangkat dan kepala desa dengan senang hati menerima dan mendengar keluh kesah yang terjadi di desa. Semua permasalahan pasti ada solusinya. Terpenting, tetap jaga semangat membangun desa" tutup Herman. (Redaksi)

Tulis Komentar