Ditutup Akibat Pandemi Covid-19, Kapan CFD Pekanbaru Dibuka?

Selasa, 06 Juli 2021 | 09:58:22 WIB
Ditutup Akibat Pandemi Covid-19, Kapan CFD Pekanbaru Dibuka?i Foto:

GENTAONLINE.COM - Sejak pandemi Covid-19 melanda, car free day atau CFD di Kota Pekanbaru ditutup. Meski beberapa kali kasus Covid-19 menurun di ibukota Provinsi Riau itu, pemerintah belum berani membuka hari tanpa kendaraan itu.

Pelaksana harian Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Sunarko mengatakan, saat ini kondisi masih belum stabil. Meski Kota Pekanbaru sendiri sudah berstatus zona oranye atau tingkat risiko sedang.

"Kalau car free day, saya kira kita menunggu (rekomendasi) dari Satgas Covid kapan bisa dilaksanakan. Ibaratnya sekarang posisi belum stabil," kata Sunarko, Selasa (6/7/2021).

Kata Sunarko, perlu evaluasi dan kajian untuk kembali membuka CFD yang berlangsung di Jalan Jendral Sudirman. Apalagi saat ini Kota Pekanbaru baru mengalami penurunan sebaran kasus Covid-19.

Pemerintah tidak dapat begitu saja mengizinkan kegiatan keramaian. Sunarko juga belum mengkomunikasikan hal ini kepada Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru karena kondisi saat ini yang belum relatif stabil.

"Ya nanti kalau sudah stabil kita buka kembali. Belum ada pembahasan untuk itu," jelasnya.

Pemko Pekanbaru sendiri meniadakan kegiatan CFD sejak Maret 2020 lalu. Kebijakan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Penutupan aktivitas CFD tidak ditentukan batas waktunya, mengingat sistuasi dan penyebaran Covid-19 di Pekanbaru belum terkendali.(ckp)

Tulis Komentar