Tinjau Kopsa-M Siak Hulu, Disbun Terkejut Kondisi Kebun Memprihatinkan

Selasa, 10 Oktober 2017 | 21:58:31 WIB
Tinjau Kopsa-M Siak Hulu, Disbun Terkejut Kondisi Kebun Memprihatinkani Foto: Sekdisbun Arman ketika mengambil gambar di perkebunan Kopsa-M Siak Hulu (10/10)

GENTAONLINE.COM-Kondisi kebun Kopsa-M yang terletak di desa Pangkalan Baru, kecamatan Siak Hulu begitu memprihatinkan. Sekretaris Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kampar, Arman sampai terkejut saat meninjau lahan kebun Kelapa Sawit tersebut Selasa, 10 Oktober 2017.


"Ini buktinya nggak pernah dirawat dari awal" cetus Amran menunjuk ke arah beberapa Pohon Kelapa Sawit di salah satu bagian kebun 1.650 hektare itu.

Arman tampak beberapa kali menjepret dengan kamera telepon selulernya di kebun dengan tanaman tak terawat. Kadang mengambil videonya. Ia bahkan menemukan kebun yang sudah menghutan.

Di antara pohon Kelapa Sawit tumbuh Mahang menjulang. Bahkan semak belukar sudah melewati tinggi tanaman Sawit yang ditanam sejak tahun 2003 silam.

Ia juga meninjau lahan koperasi seluas 400 hektare yang kini dikuasai PT. Langgam Harmoni. Lahan dijual oleh Mardjan Ustha, seorang mantan petinggi PTPN V. Kemudian lahan hampir 300 hektare yang dikuasai KABIN dijual diam-diam oleh pengurus lama, Mustaqim cs.

Amran didampingi Kepala Seksi Budidaya Tanaman Perkebunan, Tamrin bersama beberapa staf. Disbun mengambil titik koordinat dengan GPS di sejumlah titik yang difoto.

Cek lokasi didampingi pengurus dan anggota Kopsa-M serta pegawai PTPN V. Menurut Arman, cek lokasi adalah tahapan pra-penilaian teknis. Selanjutnya, tim gabungan dari Disbun, koperasi dan PTPN V akan melakukan penilaian secara mendalam. (rls/tbc)

Tulis Komentar