Tokoh Masyarakat Adat Bencah Kelubi Tapung Dukung Penuh Datuk Yusri Sebagai Ketua LAK Kampar

Sabtu, 26 Juni 2021 | 20:13:35 WIB
Tokoh Masyarakat Adat Bencah Kelubi Tapung Dukung Penuh Datuk Yusri Sebagai Ketua LAK Kampari Foto: Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Bencah Kelubi Kecamatan Tapung bersilaturahmi bersama Datuk Bandaro Mudo H. Yusri di Bangkinang. Selasa (22/6/2021).

GENTA, KAMPAR - Tokoh Masyarakat, Datuk, dan Petinggi Adat Kenegerian Bencah Kelubi Kecamatan Tapung mendukung penuh Datuk Yusri menjadi Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK).

Hal itu diungkapkan Datuk Batin Sagale Zulkifli IR bersama Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak dan Tokoh Adat Bencah Kelubi Tapung saat bersilaturahmi di ruang Sekda Kampar Datuk Yusri, Datuk Bandaro Mudo.

"Kami mendukung penuh Datuk Yusri sebagai Ketua LAK Kampar, beliau menurut kami layak untuk memimpin Lembaga Adat", ujar Datuk Batin Sagale Zulkifli IR kepada media di Bangkinang. Selasa (22/6/2021).

Disampaikan Penguasa Ulayat Kenegerian Bencah Kelubi ini, Datuk Yusri, dinilai sangat cakap dan mengerti mengenai persoalan Adat, sejarah dan seluk beluk Masyarakat Adat Kabupaten Kampar.

Masyarakat Kampar sampai saat ini masih kental dalam mempertahankan Adat istiadat dan sisi Religius yang sangat kuat. 

LAK Kampar dinilai sebagai Lembaga yang mampu menaungi dan menampung Aspirasi Adat, serta persoalan Wilayah dan Kenegerian Masyarakat Adat.

Untuk itu, lanjut Datuk Batin Zulkifli, LAK Kampar mesti dipimpin oleh orang yang betul-betul mengerti, dan memiliki penguruh, baik ke Masyarakat Adat sendiri, maupun pengaruh dalam mengambil keputusan dan kebijakan pemerintahan, tutup Datuk Batin.

Untuk diketahui, Lembaga Adat Kampar (LAK) dalam waktu dekat akan memilih pucuk pimpinan dan kepengurusan baru, untuk masa bakti beberapa tahun ke depan di Kabupaten Kampar.

(Genta)

Tulis Komentar