Tutup Kegiatan Bimtek Aparatur Desa dan BPD se-Rambah Samo, ini Pesan Plh Bupati Rohul

Jumat, 18 Juni 2021 | 01:29:43 WIB
Tutup Kegiatan Bimtek Aparatur Desa dan BPD se-Rambah Samo, ini Pesan Plh Bupati Rohuli Foto:

 

GENTAONLINE.COM-Guna meningkatkan kualitas SDM dan kapasitas aparatur Desa, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Ketua BPD, Kamis (17/6) di Hotel Furaya, Pekanbaru.

Ketua BKAD Rambah Samo Yarmanis Daulay menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh 14 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Rambah Samo. "Ada 3 peserta dari masing-masing desa. Terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Ketua BPD" terangnya di lokasi kegiatan, Kamis (17/6).

Ditambahkannya, kegiatan yang bersumber dari APBDES 2021 itu diselenggarakan sebagai bentuk program kerja dari BKAD Perdana yang ada di Rokan Hulu. "Merujuk pada Permendagri nomor 96 tahun 2017, tentang tata cara kerjasama desa di bidang pemerintahan desa, Kecamatan Rambah Samo menjadi yang pertama membentuk BKAD di Rohul. Untuk mengkoordinir kerjasama baik sesama lingkungan pemerintahan desa, maupun dengan pihak ketiga sesuai dengan kebutuhan dan APBDES" sebut Yarmanis, yang juga Kepala Desa Rambah Samo Barat itu.

Di tempat yang sama, Camat Rambah Samo H. Herokertus Sembiring, S.Sos mengapresiasi terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya, sangat penting bagi aparatur pemerintahan desa untuk memahami betul apa tupoksi dan wewenang aparatur pemerintahan Desa. "Bagaimana nantinya menyusun Perdes, membuat laporan pertanggung jawaban desa, RAPBDES dan lainnya yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan Desa" tuturnya.

Hal senada disampaikan Plh. Bupati Rokan Hulu Abdul Haris, S.Sos.,M.Si saat menutup kegiatan Bimtek aparatur Desa se-Rambah Samo. Menurutnya, kegiatan Bimtek tersebut sangat diharapkan, karena kewenangan Desa merupakan suatu modal pemerintah untuk melaksanakannya tugasnya. "Jadi, bagaimana nanti kedepannya tercipta Desa-desa yang tertib administrasi dan tertib tata kelola. Inilah yang menjadi sasaran, sehingga tercapainya Desa yang maju, Kecamatan yang maju dan Kabupaten Rokan Hulu yang maju" harapnya, Kamis malam (17/6).

Ia berpesan, para peserta Bimtek jangan pernah bosan dan terus belajar secara mandiri, agar terwujud SDM yang baik dan berkualitas di Desa-desa.

"Ingat ya, membiasakan yang benar. Bukan membenarkan yang biasa" imbau Haris.

Turut hadir, Kepala Dinas PMPD Rokan Hulu Margono, S.Sos yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Prasetyo, S.Ip, Sekcam Rambah Samo Amri Ahmad, S.Sos dan Forkopimcam Rambah Samo. (Redaksi)

Tulis Komentar