Ada Temuan di Dinas Perkim Rohul, LPK Riau Akan Lapor ke Kejati

Rabu, 16 Juni 2021 | 11:48:03 WIB
Ada Temuan di Dinas Perkim Rohul, LPK Riau Akan Lapor ke Kejatii Foto:

 

GENTAONLINE.COM-Bidang Cipta Karya, merupakan salah satu bidang strategis di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Rokan Hulu. Namun disayangkan, kuat dugaan disitu pula menjadi 'lahan basah' beberapa oknum nakal pegawai Dinas Perkim Rokan Hulu untuk meraup keuntungan pribadi.

Hal itu berdasarkan temuan LSM Lembaga Pemberantas Korupsi (LPK) Provinsi Riau saat turun ke wilayah Kabupaten Rokan Hulu beberapa waktu lalu. 

Ketua Bidang Investigasi Lapangan DPD LSM LPK Provinsi Riau Kenedy Santosa menyampaikan banyak oknum pegawai nakal yang bermain di Dinas Perkim Rokan Hulu. Diantaranya masalah pengembangan jaringan pipa air bersih. Temuan LSM LPK Provinsi Riau, pemasangan pipa di daerah Tandun, Tambusai dan Tambusai Utara tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).
"Jika merunut RAB nya, penggalian lubang untuk pipa seharusnya 120 CM. Namun kenyataan di lapangan, rata-rata hanya berkisar 50 CM. Kita sudah turun dan cek langsung" ungkap Kenedy, Selasa malam (15/6) di Pekanbaru.

"Coba bayangkan, terpangkas lah kerjaan 50-70 CM. Lari dari RAB, dan itu rata hampir di 3 kecamatan yang kita kunjungi. Berapa banyak itu uang yang dimakan ?" Imbuh Kenedy berang.

Rencananya, ia dan tim akan melaporkan hal itu ke Inspektorat dan Kejati Riau agar dapat ditindak lanjuti. "Kita akan lapor ke Inspektorat dan Kejati Riau. Kuat dugaan ada unsur korupsi disitu. Nanti kita juga minta BPK untuk mengaudit" tegas Kenedy.

Kepala Dinas Perkim Rokan Hulu Heri Islami melalui Kabid Cipta Karya Hadi Zulfadhlan mengatakan kedalaman penggalian lubang untuk pipa itu bervariasi. "Saya tidak ingat pasti, tapi ada gambarnya. Itukan bervariasi, tergantung ukuran pipanya" ujarnya saat dikonfirmasi gentaonline.com, Rabu (16/6).

Ia menambahkan kedalaman lubang galian pipa tergantung spek dan posisinya.

"Tidak semuanya harus 120 CM" tutupnya. (Erik)

 

Tulis Komentar