Oleh Komaruddin Rachmat

Alumni HMI Adalah Kesadaran Bukan Kelembagaan

Senin, 09 Oktober 2017 | 10:44:58 WIB
Alumni HMI Adalah Kesadaran Bukan Kelembagaani Foto: Himpunan Mahasiswa Islam

UNTUK apa adanya kelembagaan KAHMI? Pertanyaan ini mendasar dan sudah dipertanyakan jauh jauh dari tahun2 yg telah  lampau.

Apakah tujuan KAHMI? Bila tujuan KAHMI ternyata  sama seperti ormas ormas lainnya, berarti KAHMI  tidak memiliki kaitan langsung dengan kepentingan HMI, maka organisasi ini tidak lebih hanya memanfaatkan nama HMI untuk krpentingan oknum2 alumni HMI yg ada didalamnya itu.

Bila tidak percaya lihatlah di banyak daerah, KAHMI tidak lebih untuk alat mainan dalam mencapai tujuan politik oknumnya. Dan sayangnya perannyapun  tidak pula signifikan. Hanya malangnya mereka  membawa bawa nama HMI. Sungguh malang nasib HMI , sudah  dirinya tidak tersentuh oleh kasih sayangnya ,malah namanya dimanfaatkan pula untuk kepentingan tertentu.

Alumni HMI seharusnya adalah sebuah kesadaran dari tanggung jawab moralnya terhadap HMI. Dan bukan memanfaatkannya dengan mengatas namakan kelembagaan Alumni HMI.

Lihatlah apa yg sudah di capai KAHMI untuk HMI..belum ada bukan? . Yang ada adalah alumni HMI baik secara sendiri sendiri maupun bersama berdedikasi atas nama  kesadaran berjuang untuk HMI.

Mereka alumni membantu dana untuk adik2nya melaksanakan training training, merenovasi atau membangun gedung..suatu hal yg memang sudah rutin  terjadi sejak tahun 1947. KAHMI?

Dalam banyak hal justru KAHMI menghambat tumbuh kembangnya HMI, kreatipitas dan idealisme HMI dibayang bayangi oleh besar badannya  yg telah terkoridor oleh lobby lobby elitenya.

Alumni HMI haruslah  jantan!..berpegang pada tujuan HMI.."menjadi insan akademis,pencipta dan pengabdi bernsfaskan islam. "Jadilah kader yg memiliki potensi menyebar", bukannya bergerombol menyandang nyandang nama HMI ke mana2.

Jadilah pionir dalam gerakan civil society..yg dalam kualitas kadernya itu berada dimana mana,mengkreasi kegiatan di mana2, membentuk LSM /ormas di  mana2.

Lihatlah  .. betapa  imperiornya HMI sekarang ini, karena apa? Karena dia sudah jadi ormas murni seperti KAHMI yg zumud itu. HMI harusnya berada dan dikembalikan ke habitatnya  di kampus tempat kader kadernya bersemai dengan baik.

Bukannya  diluar,menjadi pendemo bayaran dibanyak kasus didaerah,karena itu tidak aneh bila terdengar suara2 miring tentang aktifis HMI omponturir mencari TETELAN.

Siapa yg mau memikirkan..KAHMI? Tidak !yg memikirkannya adalah alumni2 yg karena kesadarannya memiliki dedikasi terhadap almamaternya.Dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja..

Salam ..

Tulis Komentar