Tak Ada Takbir Keliling Jelang Lebaran Tahun Ini di Pekanbaru

Sabtu, 08 Mei 2021 | 09:38:12 WIB
Tak Ada Takbir Keliling Jelang Lebaran Tahun Ini di Pekanbarui Foto:

GENTAONLINE.COM - Masyarakat di Kota Pekanbaru masih belum bisa menggelar takbir keliling satu hari jelang Lebaran 2021. Pemerintah Kota Pekanbaru dan Forkopimda Riau bersama MUI sepakat tidak memberi izin takbir keliling. 

Umat muslim hanya bisa menggelar kumandang takbir Idul Fitri 1442 H di masjid atau musala. Jumlah jemaah yang takbir di sana juga terbatas. 

Kebijakan ini jadi satu poin dalam surat edaran Wali Kota Pekanbaru tentang Aktivitas Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. 

"Jadi kita tidak berikan izin takbir keliling atau kegiatan lainnya dalam bentuk kerumunan massa," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Kamis 6 Mei 2021. 

Menurutnya, poin dalam surat edaran juga memuat bahwa shalat Idul Fitri kali ini bisa digelar di rumah saja. Masyarakat bisa menggelarnya secara berjamaah bersama keluarga.

Kegiatan silaturahmi Idul Fitri hanya melibatkan keluarga inti. Masyarakat belum bisa menggelar open house guna menghindari potensi penularan Covid-19. 

Sejumlah jenis usaha di Kota Pekanbaru tutup sementara terhitung 11 Mei hingga 13 Mei 2021. Usaha yang tutup sementara yakni pusat rekreasi, hiburan umum, kafe, pub, KTV, pusat perbelanjaan dan mal.

Ada pengecualian untuk usaha bahan pokok atau komoditi pangan serta usaha kesehatan. Rumah makan dan restoran selama jadwal tersebut tidak melayani makan di tempat. 

"Jadi untuk rumah makan dan restoran tidak tutup, mereka cuma melayani layanan bawa pulang atau take away," jelasnya.(roc)

Tulis Komentar