Mau Kuliah ke Luar Negeri? Raih Beasiswa S1, S2, dan S3 Ini

Sabtu, 24 April 2021 | 09:20:00 WIB
Mau Kuliah ke Luar Negeri? Raih Beasiswa S1, S2, dan S3 Inii Foto:

GENTAONLINE.COM - Indonesia memperluas program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, beasiswa kali ini diberikan tidak hanya untuk mahasiswa pascasarjana namun juga sarjana. 

“Pertama kalinya akan ada beasiswa untuk S1 bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi,” kata Menteri Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode 10: Perluasan Program LPDP secara virtual, Kamis. 

Dia menambahkan, LPDP juga akan membuka beasiswa S2 untuk mahasiswa S1 yang berprestasi. 

Tak hanya itu, lanjut Menteri Nadiem, beasiswa LPDP juga akan diberikan untuk guru dan dosen, baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun untuk program-program non-gelar seperti sertifikasi gelar.

“LPDP harus juga fokus terhadap pendidikan para pendidik, guru dan dosen,” jelas dia.

Menteri Nadiem menuturkan, kementeriannya juga akan memberikan beasiswa penuh bagi dosen yang ingin mencapai jenjang S2 dan S3 baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Selain itu, Kemendikbud juga akan memberikan beasiswa bagi para dosen untuk magang atau bekerja paruh waktu di perusahaan-perusahaan kelas dunia selama lebih dari satu semester, ucap Menteri Nadiem. 

“Jadi guru pun akan bisa menikmati beasiswa dari LPDP untuk menambah wawasan dan kompetensi mereka,” ujar dia.(rep)

Tulis Komentar