PT. SJML Buang Limbah ke Kebun Warga, Humas: Iya Benar, Ada Yang Minta

Kamis, 08 April 2021 | 12:27:31 WIB
PT. SJML Buang Limbah ke Kebun Warga, Humas: Iya Benar, Ada Yang Mintai Foto: Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT. SJML yang berlokasi di desa Pasir Selabau, kec. Sei Lala, Indragiri Hulu-Riau.

GENTAONLINE.COM-Limbah hasil pengelolaan suatu industri/perusahaan sudah semestinya disimpan dan dikelola dengan baik. Dalam PP No. 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pasal 12 ayat 1 ditegaskan setiap orang yang menghasilkan limbah B3 wajib melakukan penyimpanan limbah B3. 

Lain hal nya dengan PT. Sawit Jaya Mandiri Lestari (SJML). Kuat dugaan, PKS yang terletak di desa Pasir Selabau, kec. Sei Lala, kab. Inhu itu mengalirkan limbahnya ke perkebunan kelapa sawit milik masyarakat.

Narasumber gentaonline.com, sebut saja MR menyampaikan sebagian limbah dari PT. SJML dialirkan melalui pipa-pipa paralon ke dalam lubang-lubang yang berada dalam areal perkebunan kelapa sawit milik masyarakat. "Kalau abang tak percaya cek lah ke jalan arah belakang PT sana. Tak perlu abang turun dari mobil, nanti nampak itu kiri kanan pembuangan limbahnya" ujar MR, Jum'at pagi (2/4). 

Wartawan beserta tim mencoba menelusuri lokasi yang dimaksud. Benar saja, kurang dari 1KM di kebun sawit belakang areal PT. SJML tampak puluhan lubang berukuran 1x1,5 meter dengan kedalaman kurang lebih 1 meter. Pada setiap lubang-lubang itu, terdapat pipa paralon ber keran yang diduga tempat mengalirnya limbah PT. SJML. 

Hal itu dibenarkan Narasumber gentaonline.com inisial AR. Ia mengatakan kebun sawit itu milik Romli alias Sirom. "Iya betul, itukan sawit kiri kanan ini punya dia semua, Sirom. Di dalam kebun nya, ada semua kolam pelimbahan nya itu" Ungkap AR Jum'at, (2/4). 

Terpisah, sumber lainnya menyebutkan kawasan perkebunan sawit milik Romli itu rawan banjir. 

"Disini kalau banjir ya lumayan airnya bang. Kayu-kayu jembatan ini hanyut, nanti dipasang lagi. Air limbah itu meluap kemana mana" Ungkap sumber yang minta identitasnya dirahasiakan. 

Terpisah, Humas PT. SJML Syahpatin saat dikonfirmasi redaksi gentaonline.com tidak membantah informasi tersebut. Ia membenarkan bahwa limbah PT. SJML ada yang dibuang ke kebun sawit pribadi milik warga. "Iya, benar. Ada yang minta kemaren itu namanya Romli" ungkapnya. 

Ditanya apa alasannya dan atas dasar apa perusahaan boleh membuang limbahnya ke perkebunan warga, Syahpatin mengaku tidak tahu. 

"Tak tahu saya pak, ke Manager lah langsung. Saya tidak mengurus soal itu (Limbah-red)" tutupnya. (Redaksi) 

Tulis Komentar