Terus Kukuhkan Dubalang Adat, Keseriusan LAKTA Jaga Negeri Tapung Tak Main-main

Senin, 05 April 2021 | 21:57:32 WIB
Terus Kukuhkan Dubalang Adat, Keseriusan LAKTA Jaga Negeri Tapung Tak Main-maini Foto: Proses pelantikan Dubalang Adat Lakta di Kenegerian Sekijang, Tapung. Ahad (4/4/2021). FOTO : DINIL MUSTOFA

GENTA, KAMPAR - Lembaga Adat Kenegerian Tapung (Lakta) kembali mengukuhkan dubalang Tapung di kenegrian Sekijang, kali ini Dubalang yang dilantik 60 orang yang dilaksanakan di aula serbaguna desa Sekijang pada Ahad (4/4/2021) yang berlangsung khidmat dipimpin lansung oleh Drs.H. Kahidiri Muluk.,M.Si dt. Majo Indo dari Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lakta.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh petinggi LAKTA yakni ketua MKA H. Zulfahmi, SH datuok mangkuto, sekretaris MKA Jhon Kenedi, S.Pdi Datuok Bandaro Mudo serta anggota MKA LAKTA Suhaili Husein Datuok Mudo dan Drs H. Khaidir Muluk, M.Si Datuok Majo indo, Niskol Firdaus.,S.kom dt. Samajo.

Serta dari unsur DPH LAKTA yang dihadiri oleh ketua DPH yang hal ini diwakili oleh Sekretaris Rais Hasan Piliang (RHP) dan Bendahara Umum Dr. H. Ahmad zikri, S.Ag, B.Ed, Dip. Al, Panglimo Besar Dubalang Adat LAKTA H. Safrianto, SE serta Ninik mamak cerdik pandai dan dari pemerintahan desa yang hal ini dihadiri lansung oleh kepala desa sekijang H. Taridi, S.Hi serta dihadiri juga oleh Tokoh Muda Tapung diantara nya Muhammad rafles, SH MH, Muhammad Dinil, S.Sos dan Muhammad Asrori, S.Pd.

Dalam arahanya Majelis Kerapatan Adat yang hal ini disampaikan oleh Suhaili datuok mudo, mengucapkan selamat kepada dubalang yang di lantik, dan beliau juga mengingatkan kepada dubalang bahwa dubalang ini ibarat polisi, hukum adat dibuat oleh adat dan dubalanglah yang menjalankan dan merealisasikan untuk dilaksanakan oleh anak kemenakan, semoga dubalang ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Sekijang khususnya Tapung umumnya.

Dalam sambutanya kades Desa sikijang sangat menyambut baik acara pengukuhan ini, serta pemerintah desa siap menjadi mitra Dubalang adat Lakta untuk sama sama mengangkat kembali nilai norma adat yang mulai luntur di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pantauan media Lembaga adat Kenegrian Tapung (LAKTA) telah membentuk dubalang adat yang di tempatkan di enam Kenegerian/desa, dengan jumlah lebih kurang 600 orang pasukan dubalang dari target 1000 orang yang di sampaikan Panglima Besar Dubalang adat Lakta red H. Feri    

Disampaikan panglimo Mudo dubalang kenegrian sekijang Khairul sholeh piliang 

"Alhamdulillah acara pengukuhan dubalang di kenegrian sekijang berjalan dengan lancar, dan semoga dubalang yang telah d bentuk bisa bermanfaat dan juga merubah keadaan dari yg mungkin selama ini hanya berjalan di tempat, mudah-mudahan ke depannya bisa merubah keadaan masyarakat masyarakat sekijang khususnya Tapung umumnya dengan fungsi semangat juang dari para dubalang menegakkan kembali Nilai nilai adat yg ada selama ini," ujar H. Feri.

Selain itu juga Dubalang adat Kenegrian Sekijang siap Menjadi Pagau Nagoghi (Pagar Negeri_red) dari rongrongan budaya asing dan merawat kebhinekaan  dengan berprinsip “dimana bumi di pijak di situ Langit dijunjung” dan melawan peredaran narkoba yang sudah merajalela. ***/Rls

Tulis Komentar