Tradisi Petang Megang Tahun Ini Ditiadakan

Selasa, 30 Maret 2021 | 10:49:48 WIB
Tradisi Petang Megang Tahun Ini Ditiadakani Foto:

GENTAONLINE.COM - Tradisi Petang Megang di Sungai Siak dalam menyambut Ramadhan tahun ini ditiadakan, lantaran pademi Corona belum berakhir.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Senin (29/3/2021). Kendati demikian, warga diperbolehkan untuk menggelar agenda tersebut dalam kelompok kecil. Yaitu engan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, warga boleh menggelar acara itu di tingkat RT/RW dan kelurahan.

"Dalam skala rumah tangga, RT/RW, dan kelurahan, kita persilahkan warga untuk menggelar acara Petang Megang. Tetapi agenda yang biasanya kita lakukan di pelataran Rumah Tuan Kadi, sepanjang Sungai Siak, kita tidak buat," ujarnya.

Menurutnya, Petang Megang tersebut adalah tradisi masyarakat Melayu dalam menyambut bulan Ramadhan. Namun, pendiadaan agenda ini harus dilakukan mengingat Covid-19 yang masih menjadi pandemi di Kota Pekanbaru.

"Kita belum aman. Secara rata-rata kita sudah dengan resiko ringan, hampir 50 persen yang zona hijau. Namun ada yang masih merah, oranye, dan kuning," terangnya.

Sementara itu, Firdaus juga menyebutkan bahwa Kota Pekanbaru juga tidak melaksanakan Safari Ramadhan. Warga hanya diizinkan melaksanakan agenda itu dalam tingkat RT dan RW. (mcr)

 

Tulis Komentar