Pemko Pekanbaru Targetkan 163.000 Wanita Jalani Pemeriksaan Kanker

Rabu, 04 Oktober 2017 | 15:26:18 WIB
Pemko Pekanbaru Targetkan 163.000 Wanita Jalani Pemeriksaan Kankeri Foto: Ilustrasi

GENTAONLINE.COM  - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menargetkan sebanyak 163.000 wanita di ibu kota Provinsi Riau tersebut untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara.

"Target kita yang diberikan oleh Pemprov Riau 163.000. Sementara dari 2015 sampai sekarang baru 3.000 yang telah melakukan pemeriksaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda S Munir kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia menuturkan rendahnya angka tersebut disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya adalah masih adanya budaya malu bagi wanita untuk memeriksa kesehatan organ intimnya tersebut.

Padahal, kata Helda seharusnya budaya malu tida perlu ada demi menjaga kesehatan mereka sendiri. Selain itu, ia juga mengatakan cukup minim kesadaran wanita Kota Pekanbaru untuk memeriksa sedini mungkin dari bahaya serviks.

"Ini yang coba kita evaluasi terus. Kita akan terus melakukan pendekatan ke wanita terutama remaja agar lebih awas," ujar Helda.

Pemeriksaan kanker serviks dan payudara hari ini digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bersama dengan BPJS serta Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Kegiatan itu digelar bersamaan dengan peringatan bulan kanker payudara Internasional.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengingatkan pentingnya menjaga diri agar terhindar dari kanker berbahaya itu.

"Kanker serviks dan payudara ini salah satu pembunuh nomor satu. Ini yang menjadi keprihatinan saya. Untuk itu mari sama-sama mengingatkan agar terhindar dari penyakit ini," kata Ayat.

Sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara terus dilakukan oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Bahkan dalam kunjungannya ke Riau beberapa waktu lalu, Ibu Negara terus meminta kepada wanita-wanita di Riau untuk sadar dan melakukan pemeriksaan sedini mungkin dari penyakit tersebut.(ant)

Tulis Komentar