Punya Sistem Informasi Berbasis Web, Warga Petapahan Bisa Ajukan Surat Online

Jumat, 19 Maret 2021 | 22:57:30 WIB
Punya Sistem Informasi Berbasis Web, Warga Petapahan Bisa Ajukan Surat Onlinei Foto:

 

GENTAONLINE.COM-Media sosial sangat berperan dalam penyebaran informasi bagi masyarakat luas. Sejak awal dibangun, sosial media diperuntukkan sebagai wadah para penggunanya agar dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan bertukar informasi dan ide di instansi, organisasi, komunitas dan jejaring virtual. Saat ini, siapa pun bisa menjadi pembuat berita dan wadah mengakses informasi serta memberikan dampak positif bagi orang banyak. Begitupun dengan konsumsi informasi yang dapat dengan bebas dinikmati siapa saja melalui media digital.

Melalui Sistem Informasi berbasis web misalnya, seperti yang dibuat pemerintah desa Petapahan, kec. Tapung, kab. Kampar. Saat ini, seluruh masyarakat khususnya warga desa Petapahan dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan bertukar informasi melalui portal website desa www.petapahan.desa.id.


"Alhamdulillah, tahun ini kita sudah punya website desa. Bukan hanya pemerintahan kecamatan hingga pusat saja yang punya sistem informasi berbasis web, kita di desa juga bisa" ujar Kepala Desa Petapahan Said Aidil Usman saat berbincang dengan gentaonline.com, Jum'at (19/3).

Nantinya, selain mendapat informasi seputar kegiatan desa Petapahan, dalam portal web desa itu juga pengguna dapat mengetahui informasi profil desa, data desa dan galeri foto-foto kegiatan di desa Petapahan. "Dalam sistem informasi berbasis web itu juga warga desa Petapahan dapan mengurus administrasi surat menyurat secara online, dengan mengisi form pengajuan surat online dan submit. Data dan jenis permintaan surat yang diinput akan otomatis masuk ke kita, dan akan langsung diproses" terang Kades muda yang akrab disapa Sau itu.

Namun, pada prinsipnya Sau menyadari untuk mempublikasikan hal-hal positif tentang desa Petapahan tentu tak lepas dari bantuan insan Pers. Ia mengungkapkan selalu wellcome dan terbuka kepada siapapun, terlebih soal data dan perkembangan desa Petapahan.

"Tetap saja semua tak lepas dari bantuan rekan-rekan media. Dari dulu saya selalu merangkul siapapun, terlebih wartawan. Karena tak cukup hanya dengan publikasi sepihak, tentu pengakuannya kan ditangan kawan-kawan juga" tutup Sau tersenyum. (Erik)

Tulis Komentar