Karhutla Mengancam Riau, Selain Puluhan Hotspot Titik Api Juga Mulai Terdeteksi

Kamis, 18 Februari 2021 | 10:13:08 WIB
Karhutla Mengancam Riau, Selain Puluhan Hotspot Titik Api Juga Mulai Terdeteksii Foto:

GENTAONLINE.COM - Titik panas atau hotspot di Provinsi Riau mengalami kenaikan yang signifikan, Kamis (18/2/2021). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 35 titik panas yang terpantau di Bumi Lancang Kuning itu.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Putri Santy Siregar mengatakan, untuk hari ini memang ada kenaikan titik panas yang signifikan dibandingkan hari sebelumnya.

"Hari ini satelit memantau sebanyak 35 titik panas yang tersebar di berbagai wilayah," ujar Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Putri Santy Siregar, Kamis (18/2/2021).

Ia mengatakan, 35 titik panas tersebar di 6 wilayah dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Pelalawan yakni sebanyak 12 titik.

"Selanjutnya di Kabupaten Indragiri Hilir 9 titik, Bengkalis 7 titik, Kabupaten Indragiri Hulu 4 titik, Kabupaten Siak 2 titik dan Kota Dumai satu titik," ungkapnya.

Dikatakan Putri lagi, dari jumlah tersebut, dua titik diantaranya berada di level tinggi alias titik api. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Dua titik tersebut berada di Kabupaten Bengkalis tepatnya di Kecamatan Rupat.

"Untuk 33 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Dua titik di level rendah dan sisanya berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Utara – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 36 Km/jam

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter. Waspada terhadap potensi gelombang tinggi di wilayah Perairan Utara Bangka, Perairan Utara - Timur Bintan dan Perairan Timur Lingga.(ckp)

Tulis Komentar