Dukung Revisi UU ITE, Badko HMI Riau Kepri: Selama ini UU ITE Menjadi Momok Menakutkan

Rabu, 17 Februari 2021 | 18:08:55 WIB
Dukung Revisi UU ITE, Badko HMI Riau Kepri: Selama ini UU ITE Menjadi Momok Menakutkani Foto:

GENTAONLINE.COM-Ketua Umum Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau-Kepri, Sahrin menyambut baik niat Presiden Jokowi mengusulkan revisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), karena aspek filosofinya belum terpenuhi secara komprehensif.

"Selama ini UU ITE ini jadi momok yang menakutkan bagi masyarakat yang ingin mengkritisi kebijakan pemerintah. Dan saya menilai jika pasal-pasal dalam sebuah peraturan diberikan ruang interpretasi bagi pemerintah," sebut Sahrin, Selasa (16/2) di Pekanbaru.

Maka, tambah dia, produk Undang-undang tersebut bersifat eletis, artinya mementingkan kaum elit semata dan itulah yang terjadi selama ini. "Sedikit-sedikit kritik langsung dianggap menghina dan ujaran kebencian, padahal kita sudah lama meninggalkan era otoritarianisme," ujarnya.

Sebab itu, sambung dia, harapannya revisi UU ITE ini dapat memenuhi aspek filosofis, sosiologis dan yuridisnya. Dan pemerintah lebih gencar lagi dalam menggalakkan pendidikan teknologi.

"Supaya masyarakat menggunakan teknologi ini sesuai pada fungsinya dan mengkritisi tetap dalam nilai-nilai  Pancasila," imbuh Sahrin menutup. (rls/Erik)

Tulis Komentar