Dewan Minta Pertamina Lebih Banyak Pekerjakan Anak Riau di Blok Rokan

Rabu, 10 Februari 2021 | 10:55:12 WIB
Dewan Minta Pertamina Lebih Banyak Pekerjakan Anak Riau di Blok Rokani Foto:

GENTAONLINE.COM – Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto meminta Pertamina nantinya lebih banyak mempekerjakan anak Riau saat mengelola blok Rokan. Pertamina sendiri akan mulai mengelola Blok Rokan pada bulan Agustus 2021 nanti. “Kami minta, Pertamina tetap mempekerjakan putera Melayu yang selama ini sudah bekerja di Chevron,” kata Hardianto.

 

Ditegaskan Hardianto, Pertamina nantinya harus memprioritaskan pekerja asal Riau, sebelum mencari pekerja luar Riau. “Anak Riau harus prioritas,” kata dia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengatakan berdasarkan hasil pembicaraan itu, pihak PT Pertamina (Persero) menyatakan komitmennya untuk mempertahankan tenaga kerja lokal, pascaperalihan pengelolaan nanti. “Pihak Pertamina berkomitmen akan tetap menggunakan tenaga kerja kita saat ini, yang juga merupakan putra daerah,” jelasnya.

 

Dia menambahkan, pengelolaan migas di Blok Rokan di tangan Pertamina diyakini akan melibatkan banyak pihak, baik perusahaan milik daerah ataupun swasta sebagai mitra mereka. Hal ini nantinya juga akan berdampak terhadap lapangan pekerjaan yang itu bisa dimanfaatkan oleh putra daerah.

 

Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan secara resmi bahwa sumur minyak di Blok Rokan akan beralih pengelola dari tangan PT Chevron Pascifik Indonesia (CPI) ke PT Pertamina (Persero). Pindah tangan pengelolaan sumur minyak itu efektif berlaku pada Agustus 2021 mendatang. (bpc4)

Tulis Komentar