Dewan Yakin Konversi BRK Syariah Bakal Sukses

Selasa, 09 Februari 2021 | 10:46:39 WIB
Dewan Yakin Konversi BRK Syariah Bakal Suksesi Foto:

GENTAONLINE.COM - Ketua panitia khusus (Pansus) pembentukan Ranperda BRK Syariah, Karmila Sari, optimis bahwa konversi BRK konvensional menjadi BRK Syariah akan berjalan sukses. 

Karmila mengatakan, segala persiapan sudah dimantapkan dan dan Perda nantinya sebagai landasan hukum konversi. Saat ini Pansus juga telah melakukan komunikasi dengan beberapa Bank. Antara lain Bank Muamalat dan Bank Panin Syariah.

"Komunikasi Pansus sudah terbentuk dengan Dirut dan direksi Muamalat, bahwa mereka siap membantu untuk pemantapan sumber daya Insani karena Muamalat memiliki institut syariah, Selain itu juga dengan, Bank Panin Dubai syariah yang memiliki syariah swasta bekerja sama dengan timur tengah," kata Karmila Sari. 

Politisi Golkar ini mengatakan, terbentuknya Bank Syariah Indonesia sebagai jangkar perbankan syariah, semua perbankan syariah baik itu swasta dan bank daerah syariah akan semakin berkonsolidasi untuk pemanfaatan pasar syariah dengan maksimal.

"Kita ketahui, di tahun ini akan ada pembentukan Perda wisata halal di Provinsi Riau, sehingga terlihat konsistensi Pemprov dalam pengembangan industri syariah. Termasuk pengembangan Masjid Agung Annur dengan Islamic Center. Sehingga lingkungan syariah terus menerus semakin hidup di Riau," cakap Karmila optimis.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau Dapil Rokan Hilir ini menambahkan, bahwa BRK Syariah dipandang optimis dengan tetap memastikan pelayanan semakin baik, teknologi yang semakin canggih dan persiapan terus untuk penambahan modal agar lebih maksimal dalam pemanfaatan industri syariah. 

Lebih lanjut Karmila mengatakan, bahwa BRK Syariah nantinya bukan hanya milik umat muslim semata, namun juga mereka yang non muslim. Hal tersebut karena di akad awal terlihat jelas bagi hasil yang sudah disampaikan dan penempatan dana yang jelas.

"Dalam proses konversi ini, juga tak menganggu transaksi dan kredit nasabah yang sebelumnya memakai sistem konvesional. 

Bahkan BRK Jakarta sebagai cabang yang dikhususkan untuk funding, membuktikan para pemilik dana tetap menempatkan dana di BRK walaupun akan total konversi syariah karena mereka tetap mendapatkan kejelasan dan benefit," tukasnya.(ckc)

Tulis Komentar