Ikatan Keluarga Sungai Tapung Serahkan Aspirasi ke Komisi VII DPR RI Tentang Transisi Blok Rokan

Senin, 08 Februari 2021 | 18:27:21 WIB
Ikatan Keluarga Sungai Tapung Serahkan Aspirasi ke Komisi VII DPR RI Tentang Transisi Blok Rokani Foto: Ikatan Keluarga Sungai Tapung (IKST) Serahkan Aspirasi ke Komisi VII DPR RI Tentang Transisi Blok Rokan.

GENTA, PEKANBARU - Ikatan Keluarga Sungai Tapung (IKST) Riau bersilahturahmi dengan Anggota DPR RI Komisi VII yang membidangi Energi, Lingkungan yaitu Bapak Abdul Wahid di Pekanbaru.

Dalam diskusi hangat ini yang dihadiri Ketua Umum IKST Sapaat didampingi beberapa pengurus antara lain Ustad Syaifuddin Yuliar, Putra Sukma, M. Rifki, Asrori, M. Dinil  membahas sekitar aspirasi yang masuk dari masyarakat dan pengurus tentang transisi Blok Rokan di Wilayah Sungai Tapung papar Sapaat.

Di wilayah sungai Tapung yang masuk Kabupaten Kampar, operasional Rokan Blok ada di Tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Tapung, Kecamatan Tapung Hulu dan Kecamatan Tapung Hilir dengan perkiraan produksi Minyak Bumi hari ini setara sekitar hampir 20 % dari Produksi minyak bumi  Blok Rokan di Riau  saat ini secara keseluruhan.

Dalam pertemuan ini IKST juga menitipkan aspirasi masyarakat ke Pak Abdul Wahid untuk disampaikan ke Pertamina Hulu Rokan antara lain :

1. Memberikan kesempatan kepada  BUMD Migas Kampar (PT. Bumi Kampar Sarana Energi) dan Pengusaha Tempatan di Wilayah Sungai Tapung  untuk diberikan prioritas dan previlage agar dapat menjadi mitra dlm kegiatan operasi Blok Rokan di Wilayah Sungai Tapung.

2. Dapat memperkerjakan  Sumber Daya Manusia Tempatan di Ring 1 baik di Pertamina Hulu Rokan atau  Bisnis Partner yang operationalnya di Wilayah Sungai Tapung. Dan proses recruitment berjalan transparan.

3. Pelaksanaan CSR yg memprioritaskan kebutuhan masyarakat Ring 1 penghasil migas baik untuk program Pendidikan, kesehatan, UMKM, Training bagi Pemuda serta bentuk people development lainnya.

4. Mendirikan Sekolah Vocation yang berbasiskan Migas dan dapat ke depan dikembangkan menjadi Pusat Training Migas Pertamina secara Nasional.

5. Menerapkan program Lokal Bisnis Development atau pengembangan Entrepreneur / Koperasi / Pengusaha Tempatan dengan melakukan pelelangan terbatas proyek dgn dibatasi per Kecamatan  yang selama ini juga sdh diterapkan oleh operator sebelumnya.

Abdul Wahid selaku anggota Komisi VII DPR RI akan memperjuangkan aspirasi dari masyarkat Tapung ini ke pihak Pertamina Hulu Rokan (PHR)  yang juga menjadi mitra Komisi VII DPR RI. Kita harapkan beberapa point penting dari diskusi hari ini dapat dikembangkan dan di kemas rapi ke depannya untuk menjadi bahan komunikasi  pendalaman lanjutan beliau ke pihak Pertamina Hulu Rokan khusus untuk aspirasi dari IKST pungkas beliau.

Diharapkan KKKS lain yang juga berkegiatan operasional di Tapung yaitu PT. Bumi Siak Pusako (BSP), PT. SPR Langgak,  PT. PHE Siak, PT. Texcal  terus dapat bersinergi dengan masyarakat dan Stakeholder setempat guna mencapai kegiatan operasional dan efisien, aman dan mencapai target tahunan. Sisi lain Pemkab Kampar akan  mendapatkan bagi Hasil Migas dari kegiatan KKKS sesuai UU Perimbangan Keuangan Pusat dan masuk sebagai Dana Bagi Hasil (DBH) Migas ke dalam APBD Kampar setiap Tahunnya   tutup Sapaat.

Secara terpisah Tokoh Masyarakat Tapung yang juga Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Kenegerian Tapung (LAKTA) Zulfahmi menyampaikan  menyambut baik kegiatan operasional Pertamina Hulu Rokan dan KKKS lainnya di Wilayah Sungai Tapung. Namun demikian kami berharap kiranya  di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung dan dimana air disauh disitu ranting dipatahkan. Tentunya kami berharap jg agar anak kemanakan kami kami kiranya dapat diberi peran dalam kegiatan operasional pertamina hulu rokan ini, agar kami tidak menjadi penonton di tanah kelahirannya sendiri.(rls)

Tulis Komentar