Syahril:Tidak Ada Musdalub Ini Bukan OKP, LAM Riau Hanya Mengakui Datuk Yose Saputra Ketua LAMR Kota

Ahad, 24 Januari 2021 | 18:21:51 WIB
Syahril:Tidak Ada Musdalub Ini Bukan OKP, LAM Riau Hanya Mengakui Datuk Yose Saputra Ketua LAMR Kotai Foto: Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Syahril Abubakar

Pekanbaru- Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Riau, memberikan klarifikasi dan menegaskan bahwa Ketua LAM Pekanbaru masih dijabat oleh Datuk Yose Saputra

Demikan pernyataan disampaikan Ketua LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar, minggu ( 24/01) sore. 

Menurut Datuk, bahwa Lembaga Adat Melayu tidak mengenal cara -cara pelengseran seorang pucuk pimpinan Lembaga Adat dengan cara yang tidak patut. 

"Tidak ada Musdalub, LAM Riau menilai apa yang dilakukan oknum itu hanya kekeliruan semata, musdakub itu ilegel tidak mengikuti mekanisme, tanpa mengedepankan kepala dingin" katanya. 

Datuk menyarankan bahwa oknum jangan suka memecah belah Lembaga Adat Melayu, kasihan orang tua-tua kita diseret seret keranah konflik. 

Syahril menegaskan bahwa LAM Riau selaku penyelenggara musda sudah menetapkan Yose Saputral selaku ketua, dan kepengurusan nya belum berakhir. 

"Jika ada oknum yang mengaku mewakili 5 (lima) perwakilan LAM Kecamatan itu ilegal, sudah tidak lagi menjadi pengurus alias berhenti" tutur Datuk Sri. 

Datuk meminta agar pihak yang tidak berkepentingan jangan memperkeruh suasana, silahkan saja buat kegiatan lain asal jangan merusak Lembaga mengatasnamakan LAM Pekanbaru. 

"Silahkan bikin perkumpulan semacam OKP atau LSM, namun jangan pakai nama LAM, karena itu sudah mencemarkan nama lembaga Adat di Tanah Melayu ini" tegas Syahril. 

Ditanyakan ke Datuk Syahril apakah masalah pencatutan penggunaan simbol simbol LAMR Pekanbaru ini akan dibawa keranah hukum. 

"Tak elok berpecah belah, namun kami serahkan semuanya ke Datuk Yose selaku ketua LAMR Pekanbaru yang sah " katanya. 

Sebagaimana diketahui sekelompok oranh mengklaim telah melaksanakan Musdalub LAMR Kota Pekanbaru. 

Dalam rapat perkumpulan, OK Tabrani dan Muspidaunan SH. MH diumumkan terpilih secara aklamasi untuk memimpin Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru, dengan masa khimad 2021-2026, dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) II  yang digelar pada Ahad (24/01/2021), di Hotel Resti. 

Perkumpulan ini mengklaim dihadiri pengurus LAMR kecamatan di Pekanbaru, ada 9 kecamatan, mencurahkan pilihan dan dukungannya kepada OK Tabrani dan Muspidaunan.

OK Tabrani yang diketahui dari kalangan swasta, menjabat sebagai Ketua Majelis Kerapan Adat (MKA), LAMR Kota Pekanbaru, sedangkan Muspidauan yang menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Penarangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Kota Pekanbaru.

Ketua Steering Committee (SC) Musdalub II LAMR Pekanbaru Taufik Tambusai mengatakan, perhelatan ini berlangsung lancar dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB, dan dihadiri sejumlah toloh masyarakat Riau yang juga pendiri LAM Riau seperti, Ahmad Bebas, OK Nizami Jamil, dan Azali Djohan. 

"Alhamdulillah, pelaksanaan Musdalub LAMR Pekanbaru berjalan lancar hingga OK Tabrani dan Muspidaunan terpilih memimpin LAMR Kota Pekanbaru masa khimad 2021-2026. Musdalub tadi dibuka Asisten I Pemko Pekanbaru," ucap Taufik.

Harapan Taufik, terpilihnya OK Tabrani dan Muspidaunan, LAMR Pekanbaru bisa bermitra dengan Pemerintah Kota Pekanbaru dan bisa bersenergi dengan lembaga lainnya. 

"Tentunya kita sangat berharap dengan kepengurusan LAMR Kota Pekanbaru yang baru ini bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kota Pekanbaru," ucap Taufik. (Edi) 

Tulis Komentar