Dihadiri MN KAHMI, Advance Training Badko HMI Riau-Kepri Resmi Dibuka

Senin, 18 Januari 2021 | 22:44:39 WIB
Dihadiri MN KAHMI, Advance Training Badko HMI Riau-Kepri Resmi Dibukai Foto:

GENTAONLINE.COM-Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau-Kepri menggelar Advance training Tingkat Nasional. Kegiatan yang bertujuan menciptakan insan pemimpin yang memiliki kualiatas intelektual yang bernafaskan islam itu dibuka langsung oleh Ketua PB HMI yang diwakili oleh Wasekjend Internal Nurdiansyah, Senin (18/1) di Hotel Alfa, Jalan Imam Munandar, Pekanbaru.

Disampaikan Ketua Pelaksana Wirianto Aswir, kegiatan yang akan berlangsung seminggu kedepan itu mengusung tema 'Terbinanya Kader Pemimpin yang Mampu Menterjemahkan dan Mentransformasikan Pemikiran Konsepsional Secara Professional Dalam Gerak Perubahan Sosial.

"Ada 34 peserta dari 11 provinsi se-Indonesia yang telah diseleksi oleh tim Master of Training dari yang mendaftar sebanyak 94 Peserta. Peserta yang lulus, akan mengikuti training yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-25 Januari 2021" terangnya, Senin (18/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Majelis Nasional KAHMI, Prof. Manimbang, Ketua DPRD Riau sekaligus Ketua KAHMI Riau Yulisman, S.Si, Ketua Forhati Riau Artuti, Plh. Sekda Provinsi Riau Masrul Kasmi, Ketua KAHMI Pekanbaru Dr. Hendri Marhadi, Ketua DPP Apkasindo Gulat Manurung, Kepala cabang BPJS TK Pekanbaru Kota Uus Supriyadi dan BPL PB HMI Arif Fadillah.

Dalam sambutannya Wasekjend Internal PB HMI Nurdiansyah mengatakan adanya kegiatan Advance Training sebagai wadah lahirnya calon-calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang. "Sebagai bagian dari generasi muda Islam, tentu harus mempersiapkan diri untuk mengambil peranan strategis kedepan melalui proses Advance Training ini. Semoga kedepan mampu bersaing dan berperan serta mengabdi untuk Umat dan Bangsa" ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Badko HMI Riau-Kepri Sahrin mengatakan Advance Training atau LK 3 ini Badko Riau-Kepri ini menjadi training pertama yang digelar setelah vakum selama pandemi Covid-19. "Maka dari itu training prestisius yang akan melahirkan kader Paripurna HMI ini tentu diharapkan dapat melahirkan konsep Kepemimpinan di level tertinggi HMI" sebut Sahrin.

Sahrin juga mengucapkan terimakasih atas kontribusi seluruh pihak, "Baik pengurus Badko HMI Riau-Kepri, Donatur dari Alumni, Pemerintah Provinsi Riau yang telah memfasilitasi terlaksananya training di Asrama haji Provinsi Riau" imbuhnya.

Sementara, Ketua KAHMI Riau Yulisman, S.Si mengatakan Advance Training ini merupakan wujud kontribusi kita dalam mempersiapkan kaderisasi yang baik di HMI. "Walaupun terkendala Covid-19, namun tidak mungkin estafet kepemimpinan di level pemuda dan mahasiswa tidak disiapkan. Dari forum inilah diharapkan nantinya mampu melahirkan kader-kader HMI yang berpotensi, mampu mengambil peran strategis sebagai kader umat dan kader bangsa serta dapat bersaing di kancah Nasional dan Internasional" harapnya.

Agenda itu ditutup dengan Stadium General yang disampaikan oleh MN KAHMI Prof. Manimbang. Ia menyampaikan arahan pentingnya peran dakwah HMI dalam mengisi kemerdekaan. Jalan dakwah yang ditempuh HMI identik dengan peran strategis Islam dalam gerak juangnya. Tauladan Prof. Lafran Pane yang lembut santun namun tegas dalam prinsip dan Integritas. 

"Yakni kesesuaian antara Ucapan dan tindakan adalah karakter kuat yang diperlukan oleh pemimpin masa depan. HMI menyiapkan ini dalam upaya menjawab persoalan zaman. Sebab HMI sendiri telah ada dan berjuang tepat dua tahun umur Republik Indonesia ini berada. Maka benarlah perkataan Jendral besar Sudirman bahwa HMI bukan hanya Himpunan Mahasiswa Islam, namun juga Harapan Masyarakat Indonesia" tutupnya. (HR)

Tulis Komentar