Kades Puga Pertanyakan Sumber Dana Proyek Pembukaan Badan Jalan di Desanya

Selasa, 12 Januari 2021 | 21:43:25 WIB
Kades Puga Pertanyakan Sumber Dana Proyek Pembukaan Badan Jalan di Desanyai Foto: Sofian Majo Sati,

BANGKINANG- Gentaoneline.com Kepala Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Sofian Majo Sati mengatakan tidak mengetahui siapa kontraktor yang mengerjakan proyek pembukaan badan jalan  yang berada di Dusun I. 

"Selaku kepala desa kami tidak mengetahui siapa kontraktor pembuatan jalan tersebut. Kalau masyarakat yang bikin (secara swadaya) rasanya tidak mungkin dengan biaya yang begitu besar," ungkap Sofian Majo Sati, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut Majo Sati mengatakan, bila sumber dana proyek tersebut adalah dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD), maka pihak yang mengerjakan proyek tidak transparan.

"Kalau itu dana APBD berarti tidak transparan. Sebab kami pemerintah desa tidak mengetahuinya," ujar dia.

Kades Sofian mengakui, tujuan pembukaan badan jalan tersebut sebenarnya sangat baik. Namun tetap saja lanjut dia, harus memenuhi unsur transparansi dan keterbukaan kepada publik.

"Memang tujuannya bagus. Cuma yang kami pertanyakan adalah kegunaan jalan tersebut apakah untuk kelompok atau  untuk masyarakat umum. Ini yang belum kami ketahui," imbuh dia lagi.

Sofian juga mewanti-wanti pihak yang mengerjakan proyek tersebut agar tidak terjadi polemik di kemudian hari. "Nanti kami takut berpolemik di kemudian harinya," tutur dia lagi.

Lebih jauh Sofian juga mempertanyakan menyangkut legalitas kelompok wisata Batu Kuda yang disebut-sebut ikut dilibatkan dalam mengerjakan proyek pembukaan jalan di desanya itu.

"Selanjutnya kelompok wisata yang dimaksud masyarakat belum ada legalitasnya dari pemerintah desa. Siapa pengurusnya, siapa anggotanya? Kami tidak mengetahui," tutup Sofian. (Edy lelek)

Tulis Komentar