Tokoh Masyarakat Relawan Vaksin Jalani Cek Kesehatan

Selasa, 12 Januari 2021 | 09:46:41 WIB
Tokoh Masyarakat Relawan Vaksin Jalani Cek Kesehatani Foto:

GENTAONLINE.COM - Sebanyak 14 tokoh masyarakat yang menyatakan kesiapannya diberi vaksin sinovac pertama, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatannya. 

Pemberian vaksin Covid-19 tersebut, guna mengetahui kondisi kesehatan secara langsung. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Gedung Daerah, Senin (11/1/21). 

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan guna mengetahui kondisi para tokoh yang telah bersedia menjadi relawan vaksin tahap awal ini," kata Juru Bicara Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovie, Senin (11/1/21). 

Namun, tidak semua ke 14 tokoh masyarakat tersebut yang nantinya akan siberi vaksin corona. Melainkan, hanya ada 10 nama yang akan diberi vaksin, sesuai dengan permintaan pusat.

Sebanyak 10 dari 14 nama-nama yang nantinya sudah dipastikan diberi vaksin, terlebih dahulu dikirim ke pusat. Mereka, diberi vaksin bersamaan dengan tenaga medis dan sumber daya manusia yang bekerja difasilitas kesehatan. Seperti sopir ambulan, cleaning service, security. 

"Dari hasil rapat dengan Forkopimda Riau, didapat 14 orang yang bersedia divaksin perdana di Riau. Kemudian ke 14 orang tersebut dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu," ujarnya.

Dari hasil tes kesehatan tersebut, lanjut dr Yovi, maka bisa diketahui apakah para tokoh tersebut bisa diberikan vaksin atau tidak. Karena memang tidak semua orang bisa diberikan vaksin Covid-19. / "Jadi mereka yang akan divaksin harus diperiksa kesehatannya terlebih dahulu. Karena itu, belum tentu 14 orang itu bisa diberikan vaksin semua," paparnya.

Untuk diketahui, para tokoh dan pejabat di Riau yang sudah menyatakan kesiapannya untuk divaksin perdana di Riau yakni Kapolda, Danrem, Danlanud, Danlanal, Plh Sekretaris daerah, Kepada Dinas Kesehatan Riau, Direktur RSUD Arifin Achmad.

Sementara itu, untuk kelompok pengurus asosiasi profesi yakni perwakilan dari IDI Riau, IBI Riau, PPNI. Dan dari kelompok tokoh yakni dari Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, perwakilan organisasi keagamaan Kristen, Katolik, Budha dan Hindu.(rtc)

Tulis Komentar