Dinilai Gagal Tangani Sampah, PAN Desak Wako Firdaus Copot Kadis LHK Pekanbaru

Kamis, 07 Januari 2021 | 17:04:31 WIB
Dinilai Gagal Tangani Sampah, PAN Desak Wako Firdaus Copot Kadis LHK Pekanbarui Foto: Wasekjen DPP PAN sekaligus Panwil PAN Riau Irvan Herman

GENTAONLINE.COM-Permasalahan sampah di wilayah Pekanbaru, Riau sudah dilevel mengkhawatirkan. Bahkan Tumpukan sampah itu sampai ada di dekat rumah dinas Gubernur Riau.

Menanggapi hal itu, Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru bertindak cepat dengan menggelar rapat internal bersama Wasekjen DPP PAN sekaligus Panwil PAN Riau, Irvan Herman, Rabu (6/1) kemarin.

"Kami menggelar rapat internal membahas persoalan sampah di Pekanbaru kemarin," ujar Irvan Herman dilansir dari GoNews.co, Kamis (7/1).

Dalam rapat tersebut kata Irvan, ada 4 poin penting yang akan disampaikan ke Pemrintah Kota Pekanbaru. "Pertama, kita meminta Pemko Pekanbaru segera mengkaji dan mengevaluasi kembali sistem pengelolaan angkutan sampah dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Kita mendesak Pemko mengembalikan kepada pola pengelolaan berbasis kecamatan dan kelurahan seperti pengelolaan sampah masa Walikota Herman Abdullah," ujarnya.

Poin kedua lanjut Irvan, untuk reaksi cepat mengatasi penumpukan sampah, Fraksi PAN DPRD Pekanbaru meminta semua lurah se Kota Pekanbaru dapat berperan aktif dan di libatkan secara langsung dalam penanganan sampah, yang pembiayaannya akan Dibebankan pada anggaran DLHK Tahun 2021. "Ketiga, kami mendesak Walikota Pekanbaru segera mengganti Kepala Dinas DLHK yang terbukti gagal mengantisipasi permasalahan sampah di Kota Pekanbaru," tegasnya.

"Jika Pemko Pekanbaru tidak merespon hasil rapat tersebut, maka hasil rapat ini akan dikonsultasikan dengan Pimpinan Komisi terkait di DPR RI" tutup Irvan. 

Tulis Komentar