Wabup Rohil Tinjau Posko Tanggap Covid-19, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Senin, 30 Maret 2020 | 14:15:55 WIB
Wabup Rohil Tinjau Posko Tanggap Covid-19, Masyarakat Diminta Tetap Tenangi Foto:

GENTAONLINE.COM-Sampai saat ini di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) belum ada kasus pasien yang terindikasi suspect corona (Covid-19). Namun hal tersebut sama sekali tidak mengendurkan kesiapsiagaan dalam mencegah berjangkitnya virus Corona di Negeri Seribu Kubah itu.

 

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin saat meninjau posko tanggap Covid-19, Ahad (29/3/2020).

 

Wabup memaparkan, berbagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona (Covid–19) telah dilakukan Pemkab Rohil. Oleh karena itu masyarat diminta tetap tenang seraya menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan sesuai imbauan Dinas Kesehatan.

 

Selain memfasilitasi posko dan mengatur jalur koordinasi serta SOP penanganan Corona Virus Pemerintah juga memiliki langkah pencegahan lainnya seperti membantu menyediakan cairan hand sanitizer dan desinfektan (cairan pembersih bakteri dan virus) yang diproduksi oleh personel Dinas Kesehatan meski dalam jumlah yang tidak banyak.

 

 

Tinjau Posko Tanggap Covid 19, Wabup Rohil Minta Masyarakat Tetap ...

 

Dikatakan Jamiluddin, Dinas Kesehatan juga sedang menambah peralatan thermo scanner (alat pengukur suhu tubuh), yang difungsikan untuk mencek suhu tubuh masyarakat dari luar Rohil yang dibagikan kepada 20 Puskesmas yang ada di Rohil.

 

Jamiludin juga menyampaikan, untuk langkah pencegahan mandiri, masyarakat diimbau agar melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta jangan risau dan panik dengan beredarnya isu-isu di media sosial yang banyak mencemaskan. Sebab kecemasan dan kepanikan yang berlebihan juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah.

 

“Corona ini harus disikapi dengan tenang dan bijaksana. Jangan terlalu ditakuti, walaupun ada masyarakat yang demam belum tentu akibat virus Corona,” tutur Wabup.

 

Wabup juga mengapresiasi atas meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya mencegah dan pemutus mata rantai berkembangnya Covid-19 di Rohil.

 

"Meningkatkan kepatuhan masyarakat tersebut tidak terlepas dari keseriusan dan kerja keras dari segenap jajaran Forkompinda dan organ Dinas Kesehatan serta elemen masyarakat lainnya," pungkasnya. (**)

Tulis Komentar