Dihadiri Direktur Faskes Kemenkes Ri, Bupati Resmikan Dua Puskesmas di Rohil

Kamis, 06 Februari 2020 | 14:10:42 WIB
Dihadiri Direktur Faskes Kemenkes Ri, Bupati Resmikan Dua Puskesmas di Rohili Foto:

GENTAONLINE.COM- Direktur Fasilitas Kesehatan (Faskes) Kemenkes RI Dr Andi Saguni MA hadiri peresmian dua Puskesmas yang berada di Kecamatan Bangko dan Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir (Rohil), Kamis (6/2/2020) siang.

 

Peresmian langsung dilakukan oleh Bupati Rohil H Suyatno yang ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama Dirut Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI.

 

Bupati Suyatno Resmikan Dua Puskesmas Termegah di Rokan Hilir

 

Kadiskes Rohil Dahniar dalam laporannya mengatakan, kegiatan pembangunan Puskesmas Bagan Punak Bangko dan Puskesmas Rimba Melintang sesuai peraturan Presiden dan peraturan Kemenkes RI.

 

Pembangunan Puskesmas Bagan Punak berasal dari anggaran tahun 2019 dengan nilai pagu Rp 5,9 miliar dan nilai kontrak Rp 5,5 miliar yang berasal dari DAK apirmasi.

 

Selain pembangunan Puskesmas, lanjutnya, juga ada pembangunan rumah jabatan dokter dengan pagu anggaran Rp 1,2 miliar dengan nilai kontrak Rp 1,1 miliar.

 

Sementara pembangunan Puskesmas Rimba Melintang yang berasal dari DAK reguler memiliki pagu anggaran Rp 4,3 miliar.

 

Dahniar menyampaiakan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dirut Dirut Fasilitas Kesehatan Kemenkes RI yang telah mendukung pembanguna Puskesmas.

 

Dirut Kemenkes RI dalam sambutannya mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Rohil dalam peresmian dua puskesmas yang telah berdiri megah.

 

"SDM kita ada dua, yakni faktor pendidikan dan kesehatan, kedua faktor tersebut harus sejalan," katanya.

 

Sebab, lanjutnya, kepintaran harus dibarengi dengan kesehatan. "Kami sangat senang menghadiri peresmian Puskesmas ini, karena pemerintah begitu peduli akan kesehatan," cakapnya.

 

Dengan berdirinya dan diresmikannya Puskesmas tersebut, ia berharap akses dan kualitas harus diutamakan. Sebab ada daerah yang sudah banyak Puskesmas namun kurang memperhatikan kualitas.

 

"Puskesmas ini merupakan salah satu Puskesmas terbaik dan termegah di Indonesia," ungkapnya.

 

Puskesmas merupakan merupakan garda terdepan dalam pembangunan kesehatan. Sehingga, harus menampilkan citra pelayanan yang baik.

 

"Lingkungan juga harus diciptakan seindah dan seasri mungkin. Tugas Puskesmas adalah menjaga kesehatan masyarakat,"paparnya.

 

Dr Andi Saguni MA juga mengingatkan para tenaga kesehatan agar rajin berkunjung ke masyarakat. "Rajinlah berkunjung ke masyarakat, jangan hanya di Puskesmas saja, harus rajin keluar," sebutnya.

 

Dalam kegiatan itu juga diserahkan sepeda motor dan mesin genset dari Kemenkes.

 

Bersama Direktur Fasyankes Kemenkes RI, Bupati Rohil Resmikan Dua ...

 

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Dirut Kemenkes RI. Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan Puskesmas begitu cepat dilaksanakan, hanya memakan waktu kurang lebih 5 bulan.

 

"Gedung indah ini jangan sempat tercoreng maupun hilang barangnya. Kepada pimpinan Puskesmas saya minta ketegasannya dalam memimpin Puskesmas ini, harus ada yang menjaga," tegas Bupati.

 

Tahun 2020, jelas Bupati, Rohil kembali mendapatkan anggaran pembangunan Puskesmas senilai Rp 12 miliar lebih untuk Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Rp 6 miliar untuk pembangunan Puskesmas di Tanah Putih.

 

Selain itu, Bupati juga mengaku telah menyediakan lahan kurang lebih tiga hektar untuk pembangunan Rumah Sakit di Bagan Batu.

 

"Kami juga meminta dukungan dari Kemenkes untuk mewujudkan pembangunan RS tersebut. Sebab, Rohil berbatasan langsung dengan Malaysia dan perkembangan penduduk di Bagan Batu begitu pesat," pungkasnya.

 

Dalam peresmian Puskesmas itu, Dirut Kemenkes juga menyerahkan empat unit sepeda motor dan satu unit mesin genset kepada puskesmas.

 

Acara dihadiri Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Ketua DPRD Rohil Maston, Kasdim 0321/Rohil Mayor Sumarno, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, para mantan pejabat Rohil dan undangan lainnya. (**)

Tulis Komentar