SKK Migas Desak Pertamina EP Segera Kejar Target Produksi

Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:26:56 WIB
SKK Migas Desak Pertamina EP Segera Kejar Target Produksii Foto:

GENTAONLINE.COM -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendesak anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP segera meningkatkan produksi serta lifting minyak dan gas bumi (migas) mereka. Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih menyebut seruan dibuat untuk menanggapi kinerja Pertamina EP yang masih di bawah target.

 

Desakan ini sebetulnya bukan yang pertama kali disampaikan kepada anak perusahaan BUMN minyak negara tersebut. Susana menyebut bahwa pihaknya dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati telah melakukan koordinasi supaya masalah produksi itu bisa segera diatasi. Namun sayang, hingga kini realisasi belum tercapai.

 

"Sebelumnya, pada Juni 2020 Manajemen SKK Migas telah berkoordinasi dengan Dirut PT Pertamina (Persero) untuk meminta Pertamina EP melakukan optimalisasi kegiatan operasinya. Namun, kami monitor kinerja mereka hingga kini masih di bawah target," ujar Susana seperti dikutip dari pernyataannya, Kamis (27/8).

 

Untuk diketahui, Pertamina EP yang berdiri pada 2005 merupakan usaha hulu Pertamina di bidang minyak dan gas bumi. Kegiatan Pertamina EP meliputi eksplorasi, eksploitasi, dan penjualan produksi migas. Berdasarkan data SKK Migas per 31 Juli 2020, produksi minyak Pertamina EP sebesar 80.336 barel minyak per hari (bopd) dan lifting minyak sebesar 78.661 bopd dengan pencapaian 87 persen terhadap target lifting APBN yaitu 90 ribu bopd.

 

Sedangkan untuk gas, produksinya sebesar 866 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) dan lifting gas sebesar 667 mmscfd atau 85 persen dari target APBN sebesar 787 mmscfd. Pencapaian kinerja Pertamina EP dinilai masih di bawah rata-rata nasional yang saat ini sebesar 96,5 persen untuk lifting minyak dan 93,5 persen untuk salur gas dari target APBN.

 

Oleh sebab itu, SKK Migas kembali meminta Pertamina EP agar mengoptimalkan kinerja sesuai dengan target yang telah disepakati bersama dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 2020. Susana menambahkan untuk mengejar target di sisa 2020, Manajemen SKK Migas meminta agar Pertamina EP fokus pada peningkatan kegiatan sumur pengembangan, kerja ulang, dan perawatan sumur.

 

"Kegiatan sumur pengeboran baru terealisasi 43 dari 96 kegiatan, kegiatan kerja ulang 99 dari 204 kegiatan, dan untuk perawatan sumur 1.844 dari 2.852 kegiatan. Hal ini yang menyebabkan pencapaian produksi dan lifting migas belum tercapai," lanjut dia.

 

Lebih lanjut, menurut Susana, SKK Migas berkomitmen membantu Pertamina EP untuk merealisasikan RKA 2020. Sehingga pihaknya juga berupaya membantu realisasi target. "Seperti kendala perizinan dan persetujuan, SKK Migas akan membantu secara penuh," tambah Susana.(cnn)

 

Tulis Komentar