Idul Adha 1441 H

Warga Desa Pangkalan Baru Siak Hulu 'Tumbangkan' 38 Ekor Hewan Kurban Tahun Ini

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 09:13:47 WIB
Warga Desa Pangkalan Baru Siak Hulu 'Tumbangkan' 38 Ekor Hewan Kurban Tahun Inii Foto: SEMBELIH - Hewan Kerbau berhasil ditumbangkan Panitia Kurban Masjid Al Huda Desa Pangkalan Baru untuk disembelih. Sabtu (1/8/2020). FOTO : ALFEDRY

GENTA, SIAK HULU - Melalui mimpi, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri. Ismail yang begitu dicintainya. 

Tatkala Ibrahim menceritakan mimpinya kepada Ismail, Ismail menjawab dengan jawaban yang luar biasa. 

“Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, InsyaAllah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. (QS. As-Shaaffaat : 102) Jawaban yang memberitahu kita seberapa besar ketaatan Isma’il kepada Allah.

Maka ketika Ibrahim mulai melaksanakan apa yang diperintahkan Allah melalui mimpinya, maka pada saat itulah Allah menebus Ismail dengan seekor sembelihan yang besar.

Peristiwa inilah yang menjadi dasar disyari’atkannya qurban yang dilakukan pada hari raya Kurban atau hari raya Haji.

Hari ini Semua masyarakat muslim di dunia bersuka cita dengan datangnya hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah yang bertepatan pada Jum'at 31 Juli 2020.

Di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu, Kampar misalnya, warga desa Pangkalan Baru mengurbankan sedikitnya 38 Ekor hewan Kurban tahun ini. 

Terdiri dari hewan Kerbau, Sapi dan Kambing, dari 3 Masjid yang ada di desa Pangkalan Baru, yakni Masjid Al Huda, Taqwa dan Syuhada.

Diungkapkan Basrial, Sekretaris Panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Al Huda Pangkalan Baru, ia sangat mengapresiasi warga yang telah menyumbangkan hewan untuk dikurbankan.

Di desa Pangkalan Baru, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan warga pada hari Sabtu 1 Agustus 2020.

"Kami sangat apresiasi sekali semangat warga untuk berkurban tahun ini, semoga tahun-tahun yang akan datang warga yang berkurban dapat terus meningkat, Amin", ujar Basrial panitia penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Huda. Sabtu (1/8/2020).

Basrial menambahkan, ia mengajak jamaah dan warga di desa, dan yang berada di rantau untuk terus meningkatkan semangat bersedakah/ berkurban.

Tahun depan, kata Basrial, semoga jumlah hewan kurban menjadi dua kali lipat dari tahun ini.

Bagi yang ingin berkurban tahun depan, untuk meringankan, caranya bisa dicicil kepada panitia setiap bulan nya hingga tiba hari raya kurban selanjutnya, tutup Basrial. 

Setelah di sembelih dan dipotong, daging hewan kurban nantinya langsung dibagikan kepada warga yang menerima. (Alfed)

Tulis Komentar