Diikuti Ratusan Kader Posyandu,

Universitas Riau Latih Waspada Covid19 di Posyandu Simpang Baru

Rabu, 29 Juli 2020 | 14:30:57 WIB
Universitas Riau Latih Waspada Covid19 di Posyandu Simpang Barui Foto:

GENTAONLINE.COM - Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Universitas Riau dan Tim Kukerta Integrasi Abdimas Universitas Riau, mengadakan pelatihan pencegahan Covid-19 di Era New Normal bagi kader di wilayah kerja Puskesmas Simpang Baru.

 

Kegiatan tersebut merupakan Hibah Pengabdian Universitas Riau Skim Pengabdian Kepada Masyarakat Bertema Covid-19 Tahun Anggaran 2020. Adapun pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di Era New Normal.

 

Hal ini dirasa penting dikarenakan mulai terjadinya peningkatan kasus yang tinggi di Era New Normal akibat kurang disiplinnya masyarakat dengan protokol kesehatan. Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 Ketua Kader dari tiga kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Simpang Baru.

 

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 – 11.45 WIB. Pelatihan ini diisi oleh dua pemateri yang memiliki kapasitas yang tinggi dibidangnya. Adapun yang menjadi pembicaranya terdiri dari Direktur Rumah Sakit Universitas Riau yakni Bapak dr. Zulharman, M.Med.Ed dan juga Dosen Keperawatan Universitas Riau yaitu Ibu Ns. Agrina, M.Kep., Sp.Kom., PhD. 

 

Pelatihan pencegahan Covid-19 tersebut ditujukan bagi Ketua Kader di wilayah Puskesmas Simpang Baru untuk mendapatkan informasi terbaru dan tepercaya terkait pencegahan covid-19 di Era New Normal agar Ketua Kader yang diberi pelatihan bisa menyampaikan informasi yang layak dan terpercaya untuk disampaikan kepada masyarakat sebagai stake holder di dalam masyarakat.

 

Materi yang disampaikan lebih informatif dan terbaru yakni perubahan Era new normal, dan cara cuci tangan yang baik dan benar, serta pentingnya penggunaan masker serta menjaga jarak (physical distancing).

 

Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Simpang Baru yakni Bapak Zakris, SPi.SIP dan Kabag TU Puskesmas Simpang Baru yakni Ibu Cristin Situmorang, M.Kep. Acara tersebut disambut antusias oleh para kader, hal tersebut dapat terlihat dari tingginya animo pertanyaan yang diajukan oleh peserta salah satunya yakni Ibu Hafizah yang menanyakan tentang upaya edukasi terhadap masyarakat terutama dari keluarga inti serta pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Ernawati dan Ibu Titi Karina mengenai upaya edukasi terhadap anak-anak tentang upaya hidup sehat seperti mencuci tangan dan lain-lain serta tentang transmisi penularan Covid-19 dari hewan peliharaan dan hewan liar.

 

Selain melakukan pelatihan Bersama tim Pengabdian Dosen dari LPPM Universitas Riau, adapun tim Kukerta Abdimas Universitas Riau memberikan gambaran melalui praktek lapangan tentang tata cara penggunaan handsanitizer yang baik dan benar serta penggunaan masker yang memenuhi standar.

 

Setelah itu tim Kukerta Abdimas universitas Riau mengundang partisipasi dari kader Puskesmas Simpang Baru untuk mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan mengenai tata cara penggunaan handsanitizer yang baik dan benar serta penggunaan masker yang memenuhi standar.

 

Selain mengadakan sesi tanya jawab, seluruh peserta dibekali dengan bingkisan yang berisikan beberapa masker dan handsanitizer serta buku saku Panduan covid-19 oleh tim Kukerta Universitas Riau yang dikemas dalam paper bag.(rls)

Tulis Komentar