Kapolda Riau bersama Forkompinda Riau Ikuti Upacara Virtual Puncak HUT Bhayangkara

Rabu, 01 Juli 2020 | 09:34:07 WIB
Kapolda Riau bersama Forkompinda Riau Ikuti Upacara Virtual Puncak HUT Bhayangkarai Foto:

GENTAONLINE.COM - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polri atau Hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020 tidak dilakukan seperti tahun sebelumnya, kali ini dilakukan secara virtual serentak diseluruh Indonesia, Rabu, 1 Juli 2020 pagi.

Pada kesempatan ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Istana Negara Kepresidenan yang disiarkan di Mabes Polri dan semua polda di Indonesia. 

Untuk di Kepolisian Daerah (Polda) Riau, puncak HUT Bhayangkara secara virtual dilaksanakan di Aula Gedung Bhayangkara Komplek Asrama Brimob Polda Riau. / Tahun ini HUT Bhayangkara ke 74 mengusung tema "Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif".

Pantauan dilapangan, kegiatan peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan secara sederhana. Dan tetap mengacu pada protokol kesehatan menuju kenormalan baru atau new normal.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengikuti langsung upacara virtual bersama pejabat Forkompinda Riau, Gubernur Riau, Danrem 031/Wira Bima, Danlanud Roesmin Nurjadin, Kajati Riau dan juga seluruh Pejabat Utama Polda Riau.

Untuk diketahui, berdasarkan sejarah ditetapkannya tanggal 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara sebagai mana dilansir dari Wikipedia.

Awalnya ketika empat hari pasca kemerdekaan RI, Polri lahir pada tanggal 21 Agustus 1945. 

Semenjak tanggal tersebutlah mulai diadakan peringatan setiap tahun di tanggal 21 Agustus sebagai Hari Bhayangkara atau kelahiran ada anggota Polri. 

Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. 

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. 

Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.(r24)

Tulis Komentar