Tim Kukerta UNRI Berhasil Ciptakan Hand Sanitizer Dipakai Tanpa Disentuh

Senin, 22 Juni 2020 | 09:44:46 WIB
Tim Kukerta UNRI Berhasil Ciptakan Hand Sanitizer Dipakai Tanpa Disentuhi Foto:

 

GENTAONLINE.COM - Tim relawan KKN Covid-19 Universitas Riau berhasil menciptakan alat untuk menggunakan Hand Sanitizer tanpa menyentuhnya dengan tangan di Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, saat kegiatan gotong royong bersama Kelurahaan Sidomulyo Timur, Sabtu, 20 Juni 2020.

Tim kukerta yang diketuai Ali Syahbansa dari Program Studi Hubungan Internasional ini, beranggotakan 10 orang dan berasal dari berbagai fakultas dan juga mampu menguasai bidang mereka masing-masing untuk membantu melakukan proses penciptaan alat ini.

"Dalam membuat alat ini kami juga menggabungkan pengalaman dan ilmu yang kami daapatkan dari Fakultas kami masing-masing, contoh karena ada yang berasal dari kedokteran jadi kita bisa tahu berapa takaran alkohol yang aan digunakan untuk tubuh kita," kata Ali.

Selain itu, dijelaskan lagi, bahwa alat ini nantinya akan diletakkan di depan pintu masuk menuju ruangan kantor lurah maupun ruangan LPM, dimana tempat ini biasa digunakan untuk rapat koordinasi di Kelurahan Sidomulyo Timur.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi tinggi dari Lurah Sidomulyo Timur dan staf kelurahan serta warga sekitar yang merasa dengan adanya alat ini dapat meningkatkan kewaspadaan serta kepercayaan diri dalam beraktifitas.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian mahasiswa yang sudah mau bergerak untuk memutus mata rantai juga pencegahan penyebaran Covid-19 di Kelurahan ini, semoga dengan alat ini kita dapat meminimalisir penyebaran mata rantai Covid-19, Fight Corona," kata Edwar Brata Putra selaku Lurah Sidomulyo Timur.

Dengan kondisi pandemi saat ini yang menyebabkan terjadinya perubahan tatanan hidup baru, diharapkan masyarakat juga mulai peduli untuk memutus mata rantai dan pencegahab penyebaran Covid-19 dimulai dari diri sendiri, seperti rajin cuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menjaga jarak dengan orang sekitar saat berinteraksi. (rls)

Tulis Komentar