Pemko Pekanbaru Bakal Gelar Pemeriksaan PCR Massal

Senin, 08 Juni 2020 | 09:55:25 WIB
Pemko Pekanbaru Bakal Gelar Pemeriksaan PCR Massali Foto:

GENTAONLINE.COM - Selain melakukan rapid test massal, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana menggelar pemeriksaan Polymerace Swab Reaction (PCR) massal. 

"Jadi tidak hanya rapid test, namun kita juga berencana menggelar pemeriksaan PCR secara massal," kata Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi, Senin (8/6/2020). 

Pemeriksaan PCR atau yang lebih dikenal swab itu merupakan salah satu upaya Pemko untuk meminimalisir penyebaran wabah corona di ibukota provinsi Riau. 

"Untuk itu kita akan terus melaksanakan program TOS. Temukan kasusnya, Obati dan Sembuhkan," jelasnya. 

Saat pemeriksaan PCR massal nanti, Pemko akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Ia berharap rencana itu segera terlaksana. 

"Mudah-mudahan bisa terlaksana di Kota Pekanbaru," harapnya. 

Ia juga memaparkan, pemeriksaan rapid test hingga kini sudah dilakukan terhadap 3.165 warga. Sebagian besar di antaranya merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

"Hasilnya, 3.159 non reaktif dan 36 reaktif," jelasnya. 

Dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, sebanyak 35 dari 36 warga yang reaktif itu sudah menjalani tes swab (pengambilan sampel lendir pada saluran pernafasan) dan semuanya dinyatakan negatif atau tidak terpapar virus corona.(ckc)

Tulis Komentar