Pekanbaru Sedang Bersiap-siap, Seperti Ini Rupanya Konsep New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 | 13:47:19 WIB
Pekanbaru Sedang Bersiap-siap, Seperti Ini Rupanya Konsep New Normali Foto:

GENTAONLINE.COM - Pemko Pekanbaru sudah menyusun konsep untuk membiasakan hidup dalam suasana yang baru atau disebut dengan New Normal. Dengan kondisi ini, warga Pekanbaru menerapkan protokol kesehatan tanpa dipaksa pemerintah lagi di tengah pandemi virus corona.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai apel perdana usai hari raya Idulfitri di halamaan Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (26/5/2020), menceritakan, pandemi virus corona terjadi di awal Maret di Indonesia. Kasus pertama virus corona juga muncul di Pekanbaru saat itu.

"Kami mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai pada 17 April lalu. Setelah 1,5 bulan hidup dengan cara dan pola, maka kita harus membiasakan diri kita hidup dalam suasana menghadapi bahaya virus corona yang dinamakan dengan New Normal," katanya. 

Sebenarnya, konsep normal baru atau New Normal adalah warga Pekanbaru hidup secara mandiri dalam menghadapi ancaman virus corona. Jadi, warga Pekanbaru tak ada lagi dipaksa oleh pemerintah.

"Artinya, ada kesadaran masyarakat agar berjuang. Oleh sebab itu, kita harus menyadari bahwa di dalam gerak kehidupan ada ancaman yang belum musnah yaitu virus corona," ucap Firdaus.

New Normal adalah membiasakan kehidupan sehari-hari setelah hampir dua bulan dibimbing oleh pemerintah. Karena itu, kesadaran yang diinginkan adalah warga Pekanbaru hidup di bawah ancaman virus corona. 

"Kuncinya adalah disiplin untuk melaksanakan apa yang dijadikan panduan yaitu protokol kesehatan. Disiplinlah secara mandiri untuk melaksanakan protokol kesehatan di setiap waktu," saran Firdaus.(r24)

Tulis Komentar