Idul Fitri 1441 H

Meriahkan Idul Fitri, Pemuda Pangkalan Baru Dusun I Kreatif Gelar Panjat Pinang

Selasa, 26 Mei 2020 | 21:49:56 WIB
Meriahkan Idul Fitri, Pemuda Pangkalan Baru Dusun I Kreatif Gelar Panjat Pinangi Foto: MERIAH - Pemuda Pangkalan Baru berfoto bersama usai menyelenggarakan kemeriahan Panjat Pinang di seberang Masjid Taqwa Pangkalan Baru, Siak Hulu. Senin (25/5/2020).

GENTA, SIAK HULU - Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, pemuda dusun I bersama remaja Mesjid Taqwa, Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar menggelar hiburan rakyat panjat batang pinang yang di laksanakan di lapangan voli depan Mesjid Taqwa, Senin (25/05/2020).

Kurun waktu seminggu, pemuda Dusun  I Desa Pangkalan Baru berhasil mengumpulan dana atau anggaran kegiatan sebesar 4 Jutaan Rupiah yang di dapat dari masyarakat khususnya pemuda Pangkalan Baru.

Adapun metode pengempulan dana yang digunakan yaitu melalui penyebarluasaam informasi di group whassApp pemuda dusun I. Di dalam group tersebut
tergabung seluruh pemuda yang tinggal di kampung halaman, maupun pemuda yang berada di perantauan.

“Tahun ini kita ada perubahan, biasanya kita mencari anggaran kegiatan dari perusahaan – perusaahaan yang ada di lingkungan kita bahkan kepada masyarakat yang dilakukan dari rumah kerumah. Namun, untuk tahun ini kita hanya menyebarkan informasi ke whatsApp grup saja. Dan tidak disangka ternyata banyak sekali masyarakat khususnya pemuda yang berpartisipasi”, ucap Hendri Putra selaku pemuda Dusun I.

Hendri Putra menyebut, sumbangan dari masyarakat yang diterima bervariasi mulai dari 300 ribu rupiah, 50 ribu rupiah bahkan 5 ribu rupiah dan ada juga yang berupa barang.

“Kami tidak mematokkan berapa sumbangan yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Ini seikhlasnya dan berapa pun akan kami terima”, jelas Hendri Putra.

Adapun hadiah utama pada hiburan rakyat panjat batang pohon pinang tersebut yaitu kompor gas, dispenser, kipas angin, beserta hal kecil lainnya seperti sapu rumah, keranjang pakaian, hingga sembako seperti mie satu kardus.

Selain panjat batang pinang, juga dilaksanakan lomba membaca surat-surat pendek yang di ikuti oleh siswa pelajar SD yang berada di lingkungan Dusun I. Hal ini dilakukan agar anak-anak SD tersebut turut merasakan kemeriahan pelaksanaan hiburan rakyat dengan hadiah untuk pemenang berupa alat-alat tulis.

“Hadiah untuk peserta lomba membaca surat pendek ini memang tidak besar, hanya berupa alat tulis. Tapi tentunya ini bisa ia manfaatkan untuk belajar dan melengkapi keperluan yang tidak dimiliki”, tambah Hendri Putra.

Hiburan rakyat panjat batang pohon pinang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kebiasaan masyarakat desa Pangkalam Baru setiap hari raya Idul fitri. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu pula membentuk jiwa gotong royong pemuda Desa Pangkalan Baru agar berpartisipasi di kegiatan Desa.

Sementara itu, kepala Desa Pangkalan Baru, Yusri Erwin mengucapkan terimakasih kepada pemuda Dusun I yang sudah mau meluangkan waktu hingga materinya untuk kegiatan desa. Ia juga mengapresiasi metode pengumpulan dana menggunakan digital.

“Ini artinya kita sudah mampu mengikuti perkembangan zaman, mengumpulkan anggaran kegiatan dilakukan melalui penyebarluasan informasi di WA”, ucap Kepala Desa.

Ditengah pandemi Covid-19, Kepada Desa Pangkalan Baru sempat merasakan ke khawatiran apabila hiburan rakyat tersebut berlangsung. Ia menyampaikan kepada pemuda agar masyarakat di himbau untuk mencuci tangan dan menggunakan masker ketika keluar rumah.

“Sebelumnya saya sempat khawatir karena seharusnya masyarakat tidak boleh berkerumunan atau harus melakukan phisical Distancing. Karena semangat pemuda dusun I yang luar biasa kegiatan ini saya izinkan untuk di laksanakan mengingat yang menjadi kawasan zona merah berada di dusun IV”, sebut Yusri Erwin.

Kepada pemuda dan seluruh masyarakat desa Pangkalan Baru, Yusri Erwin berharap agar bisa menjaga kelestarian desa, menciptakan semangat bergotong royong, dan jiwa sosial yang tinggi.(bgc)

Editor : Alfedry

Tulis Komentar