Eks Pemred Metro TV Dicalonkan Jadi Dubes

Selasa, 12 Mei 2020 | 14:25:49 WIB
Eks Pemred Metro TV Dicalonkan Jadi Dubesi Foto:

GENTAONLINE.COM - Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Iqbal membenarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan daftar berisi nama-nama calon duta besar untuk sejumlah negara sahabat.Salah satunya ada nama eks Pemimpin Redaksi Metro TV Suryopratomo, calon Dubes RI untuk Singapura. 

"Nama-nama itu nanti akan diumumkan pada rapat paripurna setelah itu baru uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I," ujar Iqbal melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin. 

Selain Suryopratomo, Presiden Joko Widodo juga mengajukan 30 nama lainnya sebagai calon duta besar di beberapa negara sahabat.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Muhammad Farhan mengutarakan bahwa Presiden mengajukannya melalui Kementerian Luar Negeri kepada DPR RI. 

"Betul, sudah diajukan ke DPR melalui Kemlu. Akan tetapi, surpres akan diterima secara resmi dahulu oleh pimpinan DPR, kemudian diserahkan ke Komisi I untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," ujar Farhan. 

Farhan mengatakan bahwa Presiden Jokowi total mengajukan 31 nama calon dubes melalui Kemlu kepada DPR RI. Namun, dia belum sempat melihat secara detail nama-nama tersebut. "Yang saya ingat ada tiga, ya, Pak Tommy (Suryopratomo) di Singapura, Pak Lutfi di USA, dan Pak Desra di UK," ujar Farhan.

Mantan presenter televisi itu mengaku tidak mengetahui dasar penunjukan Calon Dubes RI tersebut sebab hal itu adalah hak prerogatif Presiden. Secara pribadi, Farhan menilai nama Suryopratomo memiliki kapasitas untuk berdiplomasi di tingkat internasional. 

Farhan juga menilai Desra Percaya memiliki kredibilitas untuk melaksanakan tugas diplomasi di negara sahabat. "Beliau (Desra) eselon I senior di Kemlu, wajar apabila ditempatkan di United Kingdom," katanya.(rep)

Tulis Komentar