Pusat Bantu Provinsi Riau 250.000 Penerima Bansos Rp 600 Ribu Setiap KK

Kamis, 16 April 2020 | 10:25:22 WIB
Pusat Bantu Provinsi Riau 250.000 Penerima Bansos Rp 600 Ribu Setiap KKi Foto:

GENTAONLINE.COM - Provinsi Riau, mendapatkan alokasi tambahan peserta penerima bantuan sosial sebanyak 250.000 Kepala Keluarga (KK) keluarga penerima manfaat (KPM), dari Pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial, akibat dari pandemi virus corona (covid-19).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Darius Husin, mengatakan, kuota tambahan PKM dari pemerintah pusat ini, untuk program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai, yang tersebar di Kabupaten Kota. Selanjutnya data masuk ke pemerintah pusat melalui daftar terpadu kesejahteraan Sosial.

“Penerima bantuan ini akan diluncurkan, dan itu terdiri dari 12 Kabupaten Kota. Berapa per daerah menerima bantuan sosial ini akan di umumkan besok oleh Kementrian sosial, sesuai dengan hasil verfikasi dari mereka. Kemudian Kabupaten Kota, segera mengajukan warga yang akan menerima bantuan sosial ini, akibat dari dampak covid-19,” jelas Darius Husin, usai video confrance, bersama Mensos, Rabu (15/4).

Dijelaskan Darius, penerima bantuan ini ditetapkan oleh Kabupaten Kota, siapa penerimanya ditentukan sesuai data di daerah, by name by addres. Dan penerima PKH serta penerima bantuan pangan, tidak meneriam lagi bantuan ini. 

“Jadi kewenangan Kabupaten Kota yang masuk penerima ini. Disesuaikan dengan NIK dan persetujuan Provinsi seger diajukan ke Pemerintah pusat. Lebih cepat lebih baik pengajuannya, karena segera akan di ajukan pada bulan April ini dan seger dibayarkan,” kata Darius.

“Nanti masing-masing KK akan menerima sebesar Rp600 ribu setiap bulannya, selama tiga bulan dimulai dari bulan April sampai bulan Juni. Sistem pembayarannya itu, bisa saja lewat pos dan lewat Bank yang ditunjuk oleh pemerintah,” jelasnya.(hlc)

Tulis Komentar