Diskusi ONLINE Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Kom. Kuansing tentang COVID-19 bersama Bupati Kuansing

Ahad, 12 April 2020 | 15:26:48 WIB
Diskusi ONLINE Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Kom. Kuansing tentang COVID-19 bersama Bupati Kuansingi Foto:

GENTAONLINE.COM - Diawal diskusi Halqi yusra selaku pemantik mengatakan bahwa " kita harus bisa berpikir positif dan kita tidak hanya mencari kesalahan tetapi mencari solusi. Sebaiknya diawal kita diberi edukasi dan sosialisasi terlebih dahulu sehingga kita paham dengan keadaan yang harus dilakukan.

Mahasiswi Jogja bernama intan fatmawati tersebut mengatakan bahwa dia merasakan akibat isolasi, mindset nya terganggu dan ketidaknyamanan dengan dirinya sendiri. Bang Rahmat juga menambahkan bahwa "pentingnya edukasi terlebih dahulu dalam melakukan suatu hal"

Sementara itu windra juga berharapada sinergisitas media pemerintah untuk ikut melibatkan media media yang ada di kuantan singingi untuk memberitakan informasi2 tentang Covid 19 guna mencegah informasi Hoax yang bisa membuat gaduh atau kecemasan di masyarakat.

Ketika berdiskusi bupati kuantan Singingi bapak H. Mursini mengatakan bahwa kita harus melakukan sosial distancing, maka dari itu kita harus waspada dengan COVID-19 ini. Beliau khawatir akan dampak ekonomi yang semakin turun.

Maka dari itu pergeseran anggaran APBD seperti bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak akibat covid-19 ini, dan pemerintah juga sudah mendirikan posko di setiap perbatasan kuantan singingi (Kuansing Kampar, Kuansing Sumbar, Kuansing Inhu, dan Kuansing Pelalawan).

Bapak bupati juga mengatakan sudah dilaksanakan pendidikan edukasi kepada masyarakat kuantan Singingi melewati media media, seperti radio, media sosial dll.

Harapnya mahasiswa, ulama, tokoh masyarakat, bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten kuantan Singingi mensosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat dan ikut mensosialisasikan terkait pencegahan Covid 19 di Kuansing dengan keadaan tidak panik. Maka dari itu Pemerintah akan bersinergi dengan pihak kapolres dalam upaya pencegahan Covid 19 dan di bantu dengan Mahasiswa Kuansing serta media media yang ada di Kuansing guna untuk mensosialisasikan terkait Covid 19

Di akhir diskusi rengky selaku ketua ipry kuansing berharap kepada bapak bupati untuk diskusi online tentang covid-19 ini berlanjut dan dibuka untuk umum terkhusus masyarakat kuansing karena kita harus bersama-sama mencari solusi baik mensosialisasi/ edukasian ke masyarakat utuk pencegahan maupun memutus rantai covid-19 di kabupaten kuantan singingi ini

Bapak bupati pun merespon sangat baik dan mengapresiasi sekali, dan insyaalah ini akan kita kabulkan dan kita akan mengajak pihak terkait ( gugus tugas covid-19) seperti besok kita ajak juga kadis kesehatan, kadis kominfo, kapolres, kadis kopdagrin dan OPD-OPD terkait lainnya untuk berdiskusi online ujar bupati kuantan singingi bapak D.rs H. Mursini, M.Si.(rls)

Tulis Komentar