Darurat Corona, Kemenag Siapkan Manasik Haji Daring

Sabtu, 11 April 2020 | 12:20:33 WIB
Darurat Corona, Kemenag Siapkan Manasik Haji Daringi Foto:

GENTAONLINE.COM - Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mempersiapkan pemberian materi manasik haji secara daring guna mencegah penyebaran virus corona. 

"Kita sudah menyiapkan beberapa opsi dalam pemberian materi manasik dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan jemaah haji dan pembimbing ibadah haji yang berasal dari Kemenag, antara lain adalah pemberian materi manasik melalui online," kata Dirjen PHU Kemenag, Nizar Ali, dalam keterangan resminya, Sabtu (11/4). 

Nizar menyatakan pihaknya mengambil opsi itu karena saat ini tak diperbolehkan kerumunan dalam skala besar imbas dari penyebaran virus corona di Indonesia. Terlebih lagi, beberapa daerah sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Nizar pun meminta agar para pembimbing haji yang berasal dari Kantor Kemenag dan KUA meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi informasi.

"Kemenag saat ini tengah menyiapkan materi bimbingan manasik berbasis audio visual. Materi ini nantinya akan bisa diunduh di laman haji.kemenag.go.id ataupun kemenag.go.id," kata Nizar. 

Tak hanya itu, Nizar meminta jajarannya untuk melakukan sosialisasi kebijakan Kemenag terkait materi manasik online ini kepada para calon jemaah haji.

Nantinya, Kemenag akan mengirimkan buku manasik, serta pemberian materi persiapannya melalui berbagai media massa. 

"Kita nanti akan siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya bisa didownload di web kemudian nanti videonya bisa dilihat di rumah," kata dia. (cnn)

Tulis Komentar