Eva Yuliana dan Ketua Demokrat Kampar Beri Bantuan kepada Petugas Kebersihan dan Tukang Becak

Selasa, 07 April 2020 | 09:16:08 WIB
Eva Yuliana dan Ketua Demokrat Kampar Beri Bantuan kepada Petugas Kebersihan dan Tukang Becaki Foto:

GENTAONLINE.COM - Sejumlah petugas kebersihan dan tukang becak di Bangkinang terharu menerima bantuan beras dari anggota DPRD Provinsi Riau Hj Eva Yuliana dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar H Rahmat Jevary Juniardo, Senin (6/4/2020). 

Betapa tidak, di tengah pendemi virus corona, mereka merasakan sangat terbantu dengan bantuan yang diterima karena wabah Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian masyarakat kalangan bawah ini. 

Salah seorang petugas kebersihan, Rita Sukmawati (38) usai menerima bantuan sekarung beras dari Hj Eva Yuliana mengatakan sangat bersyukur mendapat bantuan tersebut. 

"Ekonomi kami sangat sulit sekarang. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bang," ujar Rita. 

Ia mengakui, masalah corona berimbas kepada penghasilan suaminya yang bekerja sebagai buruh bangunan. Sementara ia yang bekerja sebagai petugas kebersihan hanya berpenghasilan Rp 80 ribu sehari. 

"Abang pekerja bangunan. Ada pengaruhnya (wabah corona red). Banyak yang tidak membangun," kata ibu tiga orang anak yang mengaku terdaftar sebagai penerima bantuan sosial ini.

Cerita lainnya disampaikan rekannya seprofesi, Lindawati (46). Ibu rumah tangga sekaligus kepala rumah tangga itu harus menghidupi tiga orang anaknya. "Sangat terbantu sekali ada bantuan semacam ini," beber Linda dengan mata berkaca-kaca.

Kegiatan pemberian bantuan beras ini diinisiasi anggota DPRD Riau Hj Eva Yuliana bersama putranya H Rahmat Jevary Juniardo yang juga menjabat Ketua DPC Demokrat Kabupaten Kampar sesuai arahan Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan semangat slogan "Demokrat Peduli Memberi Solusi". 

Hj Eva Yuliana mengungkapkan, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan karena adanya wabah Covid-19, namun ini adalah program tetap dari dirinya bersama DPC Demokrat Kampar. 

Kegiatan yang terbaru ini mulai dilaksanakan pada Sabtu (4/4/2020) di sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Kampar Kiri. Diantaranya di Kelurahan Lipatkain sampai ke Desa Muara Selaya dan dilanjutkan ke Kecamatan Gunung Sahilan. Masing-masing kecamatan sebanyak 100 paket atau karung beras.

Kemudian dilanjutkan pada Ahad (4/4/2020) di sejumlah desa di Kecamatan Siak Hulu diantaranya di Desa Tanah Merah, Buluhcina dan Pandau Jaya.

Kemudian pada Senin (6/4/2020) bantuan beras diberikan untuk tiga kecamatan, yaitu di Kecamatan Bangkinang Kota, Salo dan Koto Kampar Hulu. "Besok rencananya kita berikan bantuan serupa untuk tenaga medis," imbuh mantan Wakil Ketua DPRD Kampar periode 2009-2014 ini.

Bantuan diturunkan di beberapa titik, diantaranya di Jalan Ahmad Yani dan di depan kantor DPC Demokrat Kampar di Jalan Prof M Yamin SH, Bangkinang, di Desa Ganting Kecamatan Salo. Di Desa Ganting bantuan juga diserahkan untuk Kecamatan Koto Kampar Hulu yang diterima Ketua PAC Demokrat Salo Harmonis dan Ketua PAC Demokrat Koto Kampar Hulu Sariban.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar H Rahmat Jevary Juniardo menambahkan, selama ini pemberian masker, penyemprotan disinfektan dan imbauan terkait pendemi Covid-19 telah banyak dilakukan berbagai pihak. Pria yang akrab disapa Ardo ini justru berpikir bahwa pemberian bantuan beras adalah jenis bantuan yang sangat diharapkan masyarakat. (ckc)

"Maka kita ambil inisiatif lain," kata Ardo didampingi Bendahara DPC Partai Demokrat Khairul Azmi dan sejumlah pengurus. / Ia menyebutkan saat ini adalah fase ketiga. "Fase darurat sosial, karena adanya imbauan berdiam diri di rumah. Karena berdiam di rumah banyak masyarakat pekerja harian mulai kekurangan," beber salah seorang Calon Bupati Kampar pada Pilkada 2017 lalu itu. / Perhatian terhadap pekerja harian menurut Ardo harus ditingkatkan karena ketika pekerja harian ini tidak bekerja maka mereka tidak akan menerima penghasilan. "Kita ingin ikut merasakan apa yang dirasakan mereka," pungkas Ardo.

Tulis Komentar