Survei: AHY dan Sandi Tokoh Politik Paling Populer

Senin, 24 Februari 2020 | 13:19:22 WIB
Survei: AHY dan Sandi Tokoh Politik Paling Populeri Foto:

GENTAONLINE.COM - Survei Indo Barometer Januari 2020 menyebutkan sejumlah tokoh politik dari luar pemerintah eksekutif yang dinilai paling terkenal. Dua nama yang menduduki peringkat teratas, yakni Sandiaga Salahudin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Dari sini tampak yang sudah sangat dikenal adalah Sandiaga Salahudin Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam pemaparan yang digelar di Senayan, Jakarta, Ahad (23/2).

Sandiaga menjadi yang paling dikenal dengan persentase pengenalan mencapai 87,1 persen. Bahkan, nama Sandiaga menduduki posisi ketiga di bursa calon presiden 2024 dengan persentase 8,1 persen, di bawah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Menurut Qodari, Sandiaga Uno sangat dikenal karena pernah berkampanye pada pemilihan presiden 2019 dan menjabat wakil gubernur DKI Jakarta. Peran Sandiaga menjadi cawapres Prabowo di Pemilu 2019 juga disebut sangat mendongkrak popularitas Sandiaga.

Di belakang Sandiaga, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Putra Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dikenal 82,8 responden. Menurut Qodari, Wakil Ketua Umum Demokrat itu disebut menjadi populer sejak Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017.

"Dalam kasus AHY kembali terlihat betapa strategisnya panggung DKI Jakarta," ujar Qodari. Selain dua tokoh tersebut, ada pula tokoh tokoh lain seperti Puan Maharani yang saat ini duduk sebagai Ketua DPR RI. Persentase pengenalan putri Présiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu 66,5 persen.

Di belakang Puan, terdapat pula sejumlah nama lain, misalnya Muhaimin Iskandar 38,1 persen, Zulkifli Hasan 30,3 persen, Bambang Soesatyo 24,0 persen, Budi Gunawan 21,2 persen, Prananda Prabowo 15,9 persen dan Sohibul Iman 12,3 persen.(rep)

Tulis Komentar