Pansus Jiwasraya Akan Dibahas, Puan Sebut 3 Panja Tetap Jalan

Rabu, 05 Februari 2020 | 13:29:52 WIB
Pansus Jiwasraya Akan Dibahas, Puan Sebut 3 Panja Tetap Jalani Foto:

GENTAONLINE.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya yang dibentuk di Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI DPR RI tetap berjalan saat ada usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) kasus tersebut.

"Jadi mekanisme itu tentu saja akan kami lewati melalui mekanisme lagi, kita tunggu. Biar saja Panja tetap berjalan sampai kemudian terkait dengan proses mekanisme Pansus itu juga nanti akan kami bahas," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/2).

Puan mengatakan DPR RI memiliki mekanisme dalam pembentukan Pansus. Untuk saat ini, DPR sudah memiliki Panja terkait Jiwasraya di tiga komisi. Menurut dia, Panja dan Pansus tak bisa berjalan beriringan.

"Tetapi sekarang Panja di tiga Komisi sedang berjalan. Jadi kita tunggu proses yang ada di tiga komisi tersebut, dengan nantinya mekanisme terkait dengan pengusulan Pansus kita masukkan dalam mekanisme yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Fraksi PKS dan Fraksi Partai Demokrat DPR RI menyampaikan usulan pembentukan Pansus Jiwasraya kepada Pimpinan DPR, kemarin.

Dalam usulan tersebut, dilampirkan tandatangan dukungan dari anggota Fraksi PKS sebanyak 50 orang dan anggota F-Demokrat sebanyak 54 orang.

Dalam UU Nomor 2 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), syarat pembentukan Pansus Angket harus memenuhi kuota 25 orang dan lebih dari satu fraksi.(cnn)

Tulis Komentar