Virus Korona Mulai Hantam Sektor Pariwisata

Selasa, 04 Februari 2020 | 14:52:49 WIB
Virus Korona Mulai Hantam Sektor Pariwisatai Foto:

GENTAONLINE.COM - ASOSIASI Pengusaha Indonesia (Apindo) mengakui merebaknya wabah virus korona telah berdampak pada sektor pariwisata dan perdagangan di Indonesia. Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani saat ditemui seusai rapat dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin (32/), mengatakan penurunan kunjungan wisatawan asal Tiongkok, termasuk menurunnya kegiatan ekspor-impor ke negara ‘Tirai Bambu’ itu menjadi dampak dari merebaknya virus tersebut.

“Seperti Bali, sekarang sudah drop sekali. Sekarang turis Tiongkok itu 1,7 juta orang, kalau tidak ada penerbangan dari Tiongkok, ya hilang. Belum lagi kegiatan ekspor-impor kita juga sekarang mulai menurun,” katanya.

Kendati tidak menjelaskan secara rinci, Hariyadi yang juga Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) itu menyebut penurunan kunjungan turis Tiongkok sudah terasa di Manado dan Bali. Di Manado, di hari biasa total kunjungan wisatawan asal ‘Negeri Panda’ itu bisa mencapai 70%, saat ini menurun hanya di kisaran 30%.

Sementara di Bali, di periode low season seperti saat ini, sedianya pengusaha hotel bintang tiga masih mendapatkan kunjungan wisawatan hingga 40%, tetapi kunjungan wisatawan saat ini tidak melebihi 30%. “

Saya belum bisa konfirmasi angkanya, tapi kalau dengar laporan, di sana (Bali) itu dampaknya bukan hanya dari turis Tiongkok saja tapi juga turis yang lain juga batal, seperti dari Eropa. Ini yang kami khawatirkan,” imbuhnya.

Ada pun terhadap kegiatan ekspor impor, Hariyadi menuturkan selain terkendala masalah administrasi, banyak pula pabrik yang ditutup karena dampak virus korona dan diperpanjangnya masa liburan imlek.

“Itu otomatis dari segi produksi juga bermasalah. Lalu kita mau ekspor ke sana juga bermasalah karena tidak ada pesawat,” imbuhnya.(mic)

Tulis Komentar