Akademisi Rocky Gerung Sampaikan Orasi Ilmiah Akal Sehat di Rohul

Jumat, 31 Januari 2020 | 09:48:06 WIB
Akademisi Rocky Gerung Sampaikan Orasi Ilmiah Akal Sehat di Rohuli Foto:

GENTAONLINE.COM - Akademisi Rocky Gerung, mengisi seminar dan talk show yang ditaja Universitas Pasirpengaraian (UPP), Kamis (30/1/2020). Sosok kontroversial yang kerap mengkritisi kebijakan pemerintah tersebut, memberikan motivasi mahasiswa agar lebih kritis dalam mengawal kebijakan pemerintah.

 

Rocky Gerung hadir ke Rokan Hulu guna mengisi seminar dan talk show ilmiah dengan tema "Eksistensi dan Kontribusi Kaum Milenial menyikapi Pradoks Demokrasi di Negeri Melayu". Dalam orasi ilmiahnya, pria yang dijuluki "Presiden Akal Sehat" tersebut menyatakan, pentingnya mengaktifkan akal sehat dengan tuntutan metodologi sehingga menghasilkan argumentasi yang bermutu. “

 

Akal pikiran hanya bisa beredar jika ia ditutun dengan metedologi. Pikiran metodologi pasti bersifat argumentasi, bukan sentimen,” cakapnya. Menurutnya, universitas seharusnya menjadi salah satu tempat menguji argumentasi. Sementara, sebuah argumentasi baru bisa dikatakan argumentasi setelah diuji.

 

“Jika argumentasi itu tidak diuji maka itu hanya akan menghasilkan sebuah sentiment,” ucapnya. Rocky mencontohkan salah satu argumentasinya terkait Presiden yang dinilainya tak paham Pancasila. Menurutnya, hal itu ia ucapkan sebagai sebuah pendapat yang bisa ia buktikan dengan argumentasinya. “Pikiran hanya disebut pikiran kalau ada perbedaan pikiran. Namun itu kan argumentasi itu tidak ada yang mau mengujinya sehingga jadilah sentimen, dengan mencari-cari delik,” ujarnya.

 

“Politik adalah cara mendistribusikn keadilan. itu inti dari politik. politik hanya disebut politik kalau diupayakan untuk menistribuskan keadilan,” ucapnya Untuk itu, Rocky berharap UPP dapat menjadi salah satu instrument dalam menularkan akal sehat di Rokan Hulu, sehingga daerah ini dapat menciptakan generasi yang kaya akan argumentasi bukan sentimen.

 

“Jadi kampus ini harus menjadi tempat di mana perbedaan pikiran itu diuji,” ujarnya. Sementara itu, wakil Rektor Universitas Pasirpengaraian Khairul Fahmi mengharapkan, kehadiran Rocky Gerung dapat menularkan akal sehat kepada masyarakat Rohul, khususnya kepada mahasiswa sehingga dapat lebih kritis dalam mengawal arah kebijakan pemerintah.

 

Kegiatan yang ditaja Universitas Pasirpengaraian di Hotel Sapadia Pasirpengaraian ini disambut antusias ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar hingga masyarakat umum.(ckc)

Tulis Komentar