Alasan Faldo Maldini Ikut Pilkada Lewat Demokrat

Jumat, 27 Desember 2019 | 14:21:56 WIB
Alasan Faldo Maldini Ikut Pilkada Lewat Demokrati Foto:

GENTAONLINE.COM - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mencalonkan diri sebagai calon Bupati Pesisir Selatan, Sumatra Barat, lewat Partai Demokrat. Ia menegaskan tak keluar dari partainya saat ini.

Faldo menjelaskan, hal yang lumrah jika seorang kader mencalonkan diri lewat partai lain di Sumatra Barat. Ia mencontohkan, Ketua DPW PAN Sumatra Barat mendaftar lewat Partai Nasdem.

"Memang seperti itu mekanisme pencalonan di Pilkada. Di situ, partai politik bekerja melahirkan opsi kepemimpinan bagi masyarakat," ujar Faldo kepada wartawan, Kamis (26/12).

PSI sendiri tak mencalonkan kadernya karena tak memperoleh kursi di Sumatra Barat. Namun, Faldo menjelaskan bahwa ia melewati mekanisme yang benar.

"Di Pilkada Pessel (Pesisir Selatan), tidak ada juga partai yang bisa mencalonkan kandidat sendiri. Jadi, hampir semua kandidat pasti mendaftar," ujar Faldo.

Lewat cara seperti ini, ia berharap partai politik mengusung pemimpin yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Dengan menghadirkan sosok yang memiliki kapasitas dan kapabilitas.

"Kita dukung semua partai untuk menghadirkan kepemimpinan terbaik untuk daerah dan masyarakat. Saya berharap Pesisir Selatan nantinya mendapatkan kepemimpinan yang mengedepankan rasa, yang merasakan keresahan warganya," ujar mantan politikus PAN itu.

Awalnya, Faldo ingin maju di Sumatera Barat lewat PSI. Namun karena terbentur usia, maka PSI menggugat UU Pilkada ke Mahkamah Konstitusi. Tapi gugatan tersebut ditolak. Karena itu, PSI mempersilakan Faldo mencalonkan diri lewat partai apa pun.

Namun, posisi Faldo tetap sebagai pengurus PSI. "Tapi tentu karena dukungan dari banyak anak muda di Sumatera Barat dan relawan Faldo yang terus bertambah," ujar Ketua DPP PSI, Tsamara Amany.(rep)

Tulis Komentar