Kemenkeu Segera Terbitkan Dukungan Finansial Proyek SPAM Pekanbaru

Jumat, 27 Desember 2019 | 10:16:23 WIB
Kemenkeu Segera Terbitkan Dukungan Finansial Proyek SPAM Pekanbarui Foto:

GENTAONLINE.COM - Pemko Pekanbaru menerima kunjungan tim dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (26/12/2019) kemarin. Kedua belah pihak membahas tentang proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari Kabupaten Kampar ke Kota Pekanbaru.

"Kami menerima kunjungan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan yang membidangi Pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) bersama timnya. Kami membahas pengadaan air bersih," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai pertemuan.

Sebelum pertemuan ini, tahap yang dilalui Pemko Pekanbaru cukup panjang. Pemko Pekanbaru mengirimkan surat ke Kemenkeu guna meminta dukungan finansial.

"Kini, pembahasan sudah tahap akhir," imbuhnya. Dukungan finansial dari Kemenkeu ini berdasarkan rekomendasi Kementerian PUPR sebagai instansi teknis. Berdasarkan kajian Kementerian PUPR itu, maka Kemenkeu akan menerbitkan dukungan finansial dalam pembiayaan air bersih.

"Harapan kami, dua perusahaan kontraktor bisa melaksanakan tender di awal 2020. Pembangunan ini akan dilakukan di zona II PDAM Tirta Siak dengan kapasitas 750 liter per detik," harap Firdaus.

Sedangkan proyek SPAM Pekanbaru-Kampar sudah ditunjuk pemenangnya yaitu sebuah perusahaan kontraktor yang bekerja sama dengan BUMD Provinsi Riau.

Untuk zona III dan IV, Pemko Pekanbaru akan bekerja sama dengan calon-calon investor. "Zona III itu di Tenayan Raya. Sementara, Zona IV adalah Rumbai dan Rumbai Pesisir," jelas Firdaus. (R24)

Tulis Komentar